10 Cara Simple untuk Menjaga Kesehatan Jantung

10 Cara Simple untuk Menjaga Kesehatan Jantung – Jantung memegang peran yang sangat vital bagi kehidupan manusia, sehingga sangat penting untuk menjaga kesehatannya.  Jika jantung seseorang berhenti berdetak, maka bisa dipastikan bahwa ia meninggal dunia.

Untitled

Memiliki jantung yang sehat adalah impian semua orang, tips-tips di bawah ini adalah cara yang mudah dan bisa anda lakukan sehari-hari untuk jantung yang sehat dan terjaga

1. Hindari Kebiasaan Merokok

Merokok merupakan kebiasaan yang berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Banyak masalah yang ditimbulkan, tidak hanya dari kesehatan jantung saja, melainkan juga paru-paru dan organ lainnya.

Kandungan zat-zat beracun dalam rokok, secara bertahap akan merusak organ-organ penting di dalam tubuh kita. Asap rokok yang ditimbulkannya pun juga berbahaya dan menyebabkan penyakit jantung baik pada perokok aktif maupun pasif.

2. Olahraga

Selain membuat badan bugar, olahraga juga merupakan cara jitu untuk menjaga kesehatan jantung. Olahraga seperti jogging, berenang, bersepeda, jalan cepat dan ringan, senam, dapat memberikan latihan yang baik bagi jantung. Tidak harus berat, tetapi lakukan dengan rutin setiap harinya agar tetap terjaga dan sehat.

3. Batasi Konsumsi Garam

Kandungan garam yang berlebih bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi sehingga meningkatkan resiko serangan jantung koroner. Kurangi penggunaan garam dari biasanya pada masakan sehari-hari.

4. Hindari Alkohol

Mengkonsumsi minum-minuman yang mengandung alkohol dapat merusak otot jantung. Sehingga kurangi dan berhenti mengkonsumsi alkohol adalah cara terbaik yang dapat anda lakukan.

5. Menjaga Berat Badan Ideal

Tumpukan lemak yang berlebih di dalam tubuh menyebabkan jantung tidak dapat bekerja secara maksimal. Ditambah lagi, selain penyakit jantung, obesitas juga menimbulkan banyak penyakit lainnya. Jagalah pola makan sesuai dengan kebutuhan anda.

6. Konsumsi buah, sayuran, dan kacang-kacangan

Buah-buahan dan sayur-sayuran banyak mengandung vitamin yang dibutuhkan jantung. Seperti bayam dan alpukat, juga kurangi makanan yang mengandung kolesterol tinggi.

Ganti cemilan anda dengan mengkonsumsi kacang-kacangan seperti almond, walnut, dan jenis lainnya yang alami dan menyehatkan. Kacang-kacangan dapat menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam aliran darah.

7. Konsumsi makanan laut

Makanan yang berasal dari laut atau biasanya disebut seafood ini dapat “melumasi” jantung anda dengan kandungan asam lemak omega 3 yang ada dalam jenis makanan laut. Kandungan ini dapat menurunkan resiko aritmia jantung, kadar kolesterol jahat, tekanan darah tinggi, dan penggumalan darah.

8. Luangkan Waktu untuk Rekreaksi

Menyempatkan diri untuk berlibur bersama keluarga atau bertamasya alam pribadi dapat memberikan waktu untuk menenangkan dan menyegarkan pikiran anda. Ini akan berdampak sangat baik bagi kesehatan jantung dan menurunkan tingkat stress.

9. Perbanyak Senyum dan Tertawa

Dengan tersenyum, pembuluh darah dalam tubuh akan membuka lebih lebar lagi, yang kemudian memungkinkan darah untuk bebas mengalir ke jantung tanpa hambatan tertentu.

Begitu pula dengan tertawa. Keduanya dapat menurunkan hormon stress yang dapat merusak lapisan pembuluh darah, dan akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan jantung. Pun, tidak ada salahnya untuk tersenyum dan tertawa J

10. Tidur Malam Berkualitas

Penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur pada malam hari dapat meyebabkan kerusakan jantung. Orang-orang yang tidur kurang dari lima jam semalam cenderung mengalami penumpukan mineral kalsium dalam pembuluh darah jantung yang suatu saat dapat pecah dan menimbulkan serangan jantung juga stroke.

Orang yang tidur cukup, berat bedannya lebih terkontrol dan memiliki kesehatan yang baik. Waktu tidur ideal adalah 6-7 jam untuk orang dewasa.

Baca Artikel lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *