12 Manfaat dan Khasiat Buah Naga Untuk Kesehatan Kita

Manfaat dan Khasiat Buah Naga – Buah naga merupakan salah satu jenis buah yang banyak memiliki manfaat untuk kesehatan kita, baik buah naga merah maupun buah naga putih. Buah Naga berasal dari paman sam (AS) yang biasa disebut hylocereus polyrhizus. Buah naga saat ini banyak dibudidayakan oleh petani indonesia karena harga jual buah ini sangat tinggi di pasaran.

1

Diketahui bahwa buah naga merah maupun putih banyak sekali kandungan yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan kita, Berikut kandungan buah naga yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan, antara lain :

Vitamin C

Kandungan Vit C yang ada di buah naga ternyata sangat tinggi sehingga bisa memenuhi kebutuhan Vit C dalam tubuh kita. Jumlahnya juga bisa 10 kali dari jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Vitamin B1

Menurut beberapa penelitihan bahwa buah naga diketahui memiliki Bit B1 yang cukup tinggi. Vit B1 dalam buah naga ini dipercaya dapat mengubah karbohidrat menjadi energi yang bisa membantu memberikan tenaga untuk kita semuanya.

Vitamin B3

Niasin atau yang dikenal sebagai Vit B3 juga banyak dalam kandungan buah naga. Vit ini sangat berfungsi sebagai penurun kadar kolestrol jahat yang berada di dalam tubuh kita.

Vitamin B12

Memang tidak salah bahwa buah ini banyak sekali manfaatnya karena didalam buah ini juga mengandung Vit B12 yang cukup tinggi yang berfungsi sebagai pelancar proses pembentukan DNA.

Selain kandungan yang sudah dijelaskan diatas, Buah naga juga banyak mengandung serat, mineral dan juga protein.

Dengan banyaknya kandungan yang sangat baik untuk tubuh, sehingga banyak pakar menyarankan untuk selalu mengkosumsi buah ini setiap harinya, adapun manfaat dan khasiat buah naga adalah :

1. Menurunkan Berat Badan

Apabila anda gemuk, maka makanlah buah naga, karena buah naga diketahui mampu menurunkan berat badan. Hal ini karena buah naga mengandung serat yang sangat tinggi sehingga bisa membuat kita merasa kenyang lebih lama.

2. Melancarkan Pencernaan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa buah Naga ini mengandung Vit B1 dan juga serat yang larut. Dengan kandungan tersebut dapat memperancar  pencernaan kita. cara mengolahnya cukup gampang, yaitu dengan membuat jus buah naga.

3. Mencegah Diabetes

Huffington Post, mengungkapkan bahwa dalam proses diet dengan serat yang tinggi dapat menghambat penyerapan gula yang berada di dalam darah. Hal ini menjadi salah satu alternatif untuk mencegah terserangnya diabetes dengan mengkosumsi buah naga yang kaya akan serat ini.

4. Mencegah Kangker

Kangker adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya, peyakit ini sangat sulit untuk disembuhkan bila sudah terkenanya. oleh karena itu sebelum terjangkit penyakit mematikan ini alangah baiknya melakukan pencegahan denga mengkosumsi buah naga  karena buah naga banyak mengandung antioksidan.

5. Memperpanjang Usia

hasil riset menunjukan bahwa jika kita rutin mengkosumsi buah naga maka kebutuhan serat akan terpenuhi dan pastinya akan memiliki kesempatan hidup lebih lama selama 9 tahun.

6. Mengurangi Resiko Serangan Jantung

Penyakit jantung merupakan penyait yang mematikan setelah kangker, banyak sekali yang meninggal gara-gara terserang penyakit ini, salah atu penyegahan agar tidak terserang penyakit ini adalah dengan mengosumsi buah naga.

7. Menjaga Kesehatan Tulang

Menurut FAO kandungan fosfor dan kalium yang terdapat dalam buah naga cukup tinggi sehingga dapat dijadikan sebagai alternatiif susu yang dapat mengurangi resiko osteoporosis dan masalah tulang .

8. Menjaga Kesehatan Mata

Selain wortel, ternyata buah naga juga mampu untuk menjaga kesehatan mata, karena buah ini memiliki kandungan betakaroten yang cukup. Nah apabila anda bosen mengkosumsi wortel maka sekarang anda bisa memvariasikan makanan dengan mengkosumsi buah naga.

9. Anti Aging

Kita etahui buah naga sangat berguna untuk kesehatan, namuan penelitihan terakhir menyatakan bahwa buah naga juga bisa dimanfaatkan dalam bidang kecaantikan Nutrisi yang dimiliki buah super ini mampu mengencangkan kulit dan juga bisa mencegah datangnya jerawat dii muka kita

10. Menjaga Kekebalan Tubuh

kandungan seperti vitamin c, Protein daann juga potssium dipercaya menurut beberapa penelitan menangkan penyakit yang hendak datang. inilah yang menyebabkan banyak orang yang mengkosumsi buah naga jarang terena penyakit.

11. Menjaga Kesehatan Gigi

kandungan kalsium dan fosfor dalam buah naga dapat berguna untuk kesehatan gigi, oleh karena itu bila anda mempunyai masalah pada gigi anda alangkah baiknya mengosumsi jum buah naga ini.

12. Bermanfaat Untuk Ibu Hamil

ternyata fakta membuktikan bahwa ibu hamil juga sangat baik bila megosumsi buah naga ini, mengapa demikian, karena kandungan seperti asam folat, karoten, beberapa vitamin, serat sangat dibutuhkan bagi perkembangan janin.

Itulah 12 manfaat dan khasiat buah naga, semoga dengan mengetahui manfaat buah naga yang sangat melimpah ini, kita akan jauh lebih sering mengkosumsi buah super ini, selamat mencoba kawan..

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *