2 Binatang Langkah hanya Terdapat Satu Di Dunia

2 Binatang Langkah hanya Terdapat Satu Di Dunia – Kepunahan hewan adalah sesuatu yang sangat disayangkan yang harus terjadi.

Kepunahan berarti jenis tersebut sudah benar-benar hilang dari muka bumi. Banyak yang menjadi penyebab kepunahan hewan, dan diantara penyebab tersebut yang paling berdampak besar adalah karena ulah manusia.

Aktivitas manusia yang merusak habitat baik disengaja maupun yang tidak telah mengganggu keberlangsungan hidup hewan-hewan ini, ditambah lagi dengan pemburuan yang menggila semakin mengurangi jumlah jenis hewan tersebut.

Dari beberapa jenis hewan di dunia sudah banyak yang telah punah dan beberapa diantaranya dalam kondisi nyaris punah. Hewan dari spesies apa aja yang berada di ambang kepunahan? Berikut Kumpulan Binatang Langka hanya terdapat satu di dunia.

Kura-kura Raksasa Galapagos

wanita

Lonesome George adalah satu-satunya jenis kura-kura raksasa  Pulau Pinta, Kep. Galapagos yang masih hidup dan menjadi ikon Kep. Galapagos. Kura-kura bernama latin Chelonoidis nigra abingdoni ini diketahui telah berusia lebih dari seratus tahun.

Karena spesiesnya yang tinggal satu-satunya di bumi ini para ilmuwan berusaha keras untuk melestarikannya. Usaha pelestarianya dengan berusaha ‘menjodohkan’ Goeorge dengan dua ekor kura-kura betina dari Gunung Berapi Wolf, namun sayang telur yang dihasilkan tidak subur.

Pada tahun 2011 dua ekor kura-kura dari Kep. Espanola yang memiliki garis kekerabatan terdekat dengan George didatangkan, tapi lagi-lagi gagal karena George terlebih dahulu menghembuskan nafas terakhirnya.

Pihak Taman Nasional langsung melakukan oemyeludikan atas kematian George. Sejak kedatangan manusia ke Kep. Galapagos populasi kura-kura raksasa menurun drastis.

Namun usahapenyelamatan Taman Nasional dibantu oleh Yayasan Charles Darwin cukup membantu menaikan jumlah populasi hewan tersebut. Tapi kini George telah tiada dan kura-kura raksasa galapagos dinyatakan punah.

Badak Putih Utara

wanita

Sudan, begitulah nama badak putih utara atau cerathoterium simmum cottoni ini. Sudan adalah satu-satunya badak putih utara yang masih hidup.

Tidak heran jika usaha pelestarian Sudan dilakukan, selama 24 jam badak putih jantan berusia 43 tahun ini dijaga oleh tentara yang siap mati demi melindungi Sudan di Taman Nasional Ol Pojeta, Kenya. Cula Sudan pun harus dipotong agar terhindar dari para pemburu.

Cula dari badak memang merupakan barang yang sangat mahal di pasar gelap tidak heran jika badak putih yang terkenal langka menjadi incaran para pemburu.

Hal inilah yang menyebabkan populasi badak putih utara menurun drastis. Sebagai catatan setengah abad yang lalu masih ada 2.000 badak putih di seluruh dunia dan pada tahun 1984 hanya tersisa 15 ekor dan hanya terdapat di Kenya.

Situasi ini sangat disayangkan, bagaimana hewan ini dulunya berkeliaran bebas di alam sekarang harus dijaga ketat 24 jam. Upaya menjaga Sudan pun bukan tanpa halangan sebanyak 40 ranger yang dikerahkan menelan biaya £ 75.000 atau Rp. 1,4 milaya per enam bulan.

Baca Artikel Lainnya :

Hal ini semakin diperparah dengan terganggunya stabilitas keamanan oleh aksi teror dari pejuang militan. Kenya yang biasanya mendapatkan dana dari sektor pariwisata tidak bisa lagi diharapakan sebab turis enggan datang drngan alasan keamanan dan wabah ebola yang terjadi di Afrika.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *