2 Taman Jepang yang Wajib Dikunjungi Wisatawan Sebagai Salah Satu Budaya Kuno Yang Unik Untuk Anda Ketahui

Di Jepang mengenal budaya kuno dalam penataan taman yang dikelompokkan ke dalam 5 taman besar dan terkenal dengan sebutan “ sandai teien ” atau lima taman terbesar.

Masing – masing dari taman tersebut mengandung sejarah dan memiliki kelas tersendiri untuk mewakili keindahan alam secara minimalis yang luar biasa mempesona.

diantaranya adalah Shikina – en (Okinawa) – Taman Ryukyu yang mampu membuat anda hanyut dalam suasana tropis, Museum Seni Adachi (Shimane) – Taman Jepang yang sangat populer di kalangan wisatawan barat, Ryoanji (Kyoto) – merasakan luasnya alam di Taman Batu Kyoto, Hama – Rikyu ( Tokyo ) – kekontrasan antara arsitektur modern dengan Taman Jepang dan Katsura – Rikyu ( Kyoto ) – keindahan Jepang yang abadi.

Artikel kami kali ini akan membahas tentang 2 taman di Jepang tersebut di atas yang biasa dikunjungi oleh wisatawan berdasarkan 3 kriteria, yaitu : 1. Karakteristik budaya setiap taman, 2. Akses dari tempat wisata utama, dan 3. Mendapatkan penilaian tinggi dari wisatawan luar negeri.

1. Hama – Rikyu ( Tokyo ) – Kekontrasan Antara Arsitektur Modern dengan Taman Jepang.

k 26

Taman Hama – Rikyu ( Onshi Teien ) berlokasi di daerah Chuo, kota Tokyo dan merupakan kompleks perkantoran modern. Tipe taman yang berada di area ini sangat jarang ditemukan.

Pada umumnya taman ini dilatarbelakangi oleh pemandangan bangunan bertingkat serta jejeran pohon – pohon seperti pohon pinus dan sakura, dikelilingi oleh air laut yang berasal dari Teluk Tokyo.

anda akan terpesona oleh pemandangan yang berbeda apalagi ketika sedang terjadi pasang surut di sini. Karena lokasinya berada di jantung kota Tokyo, maka taman ini dimasukkan ke dalam salah satu situs pariwisata Tokyo.

Anda bisa jalan – jalan menikmati taman jenis ini hanya dengan berjalan kaki dari Stasiun Tsukijishijo.

2. Museum Seni Adachi (Shimane) – Taman Jepang yang Sangat Populer di Kalangan Wisatawan Barat.

k 27

Berdasarkan Majalah Amerika “ Sukiya Living / The Journal of Japanese Gardening ” yang membahas tentang taman – taman Jepang, Museum Seni Adachi di Shimane selalu menjadi peringkat pertama selama 12 tahun berturut – turut untuk kategori taman terunik di dunia.

Pada tahun 2013, “ Michelin Green Guide Japon ”, Museum Seni Adachi telah berhasil memenangkan 3 bintang dan sebuah penghargaan sangat tinggi dari negara – negara barat. Rahasia penilaian yang tertinggi tersebut berasal dari luasnya situs taman.

Taman terdiri dari 6 bagian, mulai dari standar taman Jepang seperti Katsura – Rikyu sampai taman dengan lanskap kering seperti di Ryoanji. Tempat ini lebih menyerupai sebuah museum karena di sini anda bisa melihat keindahan taman dari dalam sebuah bangunan.

Bangunan yang ada mempunyai jendela kaca besar yang tampak seakan – akan memotong dan membingkai pemandangan taman di sekitarnya. Sehingga anda diharapkan bisa menikmati taman – taman tersebut sebagai sebuah karya seni.

Meskipun tempat ini berlokasi agak jauh dari tempat tujuan wisata utama, tapi daerah di sekitarnya banyak berisi kuil – kuil indah seperti kuil Izumo Taisha.

Baca Artikel Lainnya :

Selain taman – taman eksotik tersebut d atas, di Kyoto dan Tokyo masih banyak dijumpai taman terkenal lainnya sebagai pengembangan 5 jenis taman utama yang wajib diikuti arsitekturnya tersebut di atas.

Jika suatu hari nanti anda berencana akan melakukan perjalanan ke Tokyo atau Kyoto, bukannya perjalanan anda akan lebih menarik jika anda bisa mengunjungi  salah satu taman tersebut di atas ?

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *