3 Cara Mencegah Penyakit Anemia

3 Cara Mencegah Penyakit Anemia – Anemia adalah salah satu penyakit kurangnya darah, sulitnya berkonsentrasi, dan juga kondisi badan selalu lemas. Hal ini biasanya disebabkan kekuranganya vitamin dan nutrisi didalam tubuh. Terutamanya kekurangan zat besi, dan vitamin 12 yang sangat penting bagi kesehatan tubuh, serta memberikan asupan vitamin yang sangat tinggi. Biasnya vitamin 12 ini terdapat pada makanan.

1Namun, untuk mencegah terjadinya penyakit anemia ini sebaiknya banyak mengkonsumsi makanan yang sangat berbeda – beda atau bervariasi dan juga memiliki kandungan gizi yang sangat seimbang. Berikut 4 cara  mencegah penyakit anemia atau kekurangan darah dalam tubuh.

1. Mengkonsumsi makanan kaya zat besi

Dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengadung zat besi akan membantu anda untuk meningkatkan kadar darah didalam tubuh dengan maksimal. Makanan tersebut berupa hati , kacang – kacangan, tiram, tahu, sayuran hijau, daging merah tanpa lemak, ikan, dan buah kering ( kismis ).

Namun, perhatikan juga kualitas masing-masing makanan tersebut, dan lakukan pemilihan sebelum mengelolahnya. Dalam pengelolahan makanan tersebut bisa diolah dalam bentuk hidangan atau masakan maupun bentuk lainnya.

2. Makan dan minum yang membantu penyerapan zat besi

Selain mengkonsumsi makanan yang sangat tinggi zat besi, sebaiknya mengimbanginya juga dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang membantu menyerap kandungan zat besi tersebut dengan maksimal. Makanan dan minuman tersebut berupa jus jeruk, jus strawberi, brokoli, dan buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C.

Mengkonsumsi makanan dan minuman yang membantu menyerap zat besi ini harus dilakukan pemilihan yang tepat sebelum mengkonsumsinya.

3. Mengkonsumsi makanan kaya vitamin B12

Dengan banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B12 akan membantu untuk menghilangkan, menurunkan, dan juga membantu penyerapan zat besi. Makanan kay vitamin B12 ini berupa hati sapi dan tiram, ikan, daging, unggas, telur, susu, dan produk susu lainnya yang banyak mengandung vitamin B12, serta mengkonsumsi sereal , ragi dan juga produk lainnya yang mengandung vitamin B12.

Namun, dalam mengkonsumsi makanan ini harus melakukan pemilihan terlebih dahulu dengan detai dan juga baik. Hal ini dikarena jika pemilihan tidak baik akan mengurangi vitamin dan juga kandungan yang ada didalam makanan tersebut. Selain itu, perhatikan juga pengelolahan makanannya jangan terlalu sebentar dalam pemasakannya dan juga jangan terlalu lama pemasakannya. Hal itu untuk menghindari kandungan racun dan juga bakteri yang ada didalam makanan.

Namun, anda juga harus pastikan mengkonsumsi makanan yang sangat beragam dan bervariasi agar kandungan yang ada didalam makanan tersebut dapat berkombinasi dengan berbagai kandungan, serta memberikan asupan yang berbeda – beda didalam tubuh hingga terpenuhi.

Demikianlah 3 cara diet untuk mencegah penyakit anemia semoga informasi yang kami beriakn bermanfaat dan berguna bagi pembaca.

Baca juga :Berikut 5 Penyebab Gusi Sering Berdarah

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *