3 Monumen Dan Tempat Terkenal Di Perancis

Daratan Perancis dikelilingi oleh Samudera Atlantik, Selat Inggris, dan Laut Mediterania. Dimana diketahui bahwa wilayah Republik Perancis meliputi daerah daratan di Eropa Barat dan beberapa pulau di sekitarnya.

Biasanya di daerah pedesaan yang berlokasi di pulau – pulau terpencil, banyak dijumpai gaya arsitektur Gothic mendominan rumah – rumah penduduk dan hal ini dengan mudah bisa anda tandai pada berbagai monumen dan karya arsitektur luar biasa dari para desainer asli orang Perancis yang tertuang dalam bentuk katedral, basilika, dan istana.

Sejak dulu Perancis dikenal sebagai negara yang memiliki keragaman budaya paling eksotik yang terwujud dalam tampilan arsitektur bangunan dan taman – taman mereka, dan merupakan salah satu faktor utama yang mampu menarik minat lebih dari 82 juta wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke negara itu setiap tahunnya.

Berikut adalah monumen dan landmark terkenal Perancis yang mencerminkan gaya arsitektur unik khas Gothic :

  • Basilika St. Denis

k 38

Cathedral Basilica of St. Denis adalah sebuah gereja biara terbesar di Perancis yang paling banyak dikunjungi dan diminati tuirs mancanegara untuk berkunjung ke dalamnya. Bangunan ini didirikan pada abad ke – 7 dan pada mulanya merupakan pemakaman kuno raja Gallo dari Romawi.

Di lokasi ini, seorang pengembara asal Roma bernama Dagobert I menemukan sisa atau kerangka jenazah Saint Denis, santo pelindung rakyat Perancis, yang kemudian mengadopsi namanya menjadi nama gereja ini hingga sekarang.

Sejak pertama didirikan, gereja biara ini terkenal sebagai tempat ziarah bagi penduduk setempat dan saking banyaknya yang suka maka selanjutnya dikenal sebagai situs penobatan oleh umat Kristiani di Perancis sekaligus merupakan kompleks biara terbesar dan memiliki arsitektur sangat memukau.

Dibangun dengan gaya Gothic tulen, model arsitektur Basilika St. Denis banyak ditiru oleh pecinta arsitektur Eropa kuno di seluruh dunia.

  • Katedral Notre Dame, Reims

k 39

Katedral Katolik Roma ini sempat hancur dan hampir mengalami kepunahan dalam kebakaran besar yang terjadi pada tahun 1211. Situs tempat berdirinya katedral ini merupakan tempat di mana Saint Remi membaptis Clovis, pada tahun 496 M.

Terdapat sebuah pemandian luas dengan gaya Romawi yang membuat Katedral Notre Dame tidak boleh luput atau terlewatkan untuk dikunjungi.

Notre Dame mempunyai menara setinggi 80 meter yang dilengkapi oleh dua lonceng besar dengan salah satu diantaranya mempunyai bobot sekitar 11 ton, dan merupakan karya agung yang terlahir pada abad pertengahan.

Kini, Katedral Notre Dame merupakan tempat kediaman uskup agung Perancis yang megah dan eksotik berlatar pemandangan dari pegunungan Alpen.

  • Piramida Louvre

k 40

Piramida Louvre yang dibangun dari perpaduan bahan kaca dan logam merupakan struktur ikonik yang terdapat di halaman Musée du Louvrein kota Paris.

Piramida Louvre berhasil mendapatkan perhatian dari para turis mancanegara terutama Jepang setelah termuat dalam novel populer karya Dan Brown, ‘ Da Vinci Code ’. Struktur bangunan ini selesai dibangun pada awal tahun 1989 dan menjadi salah satu landmark Paris yang paling populer.

Piramida Louvre dibangun atas rencana dan persetujuan François Mitterrand, Presiden Perancis, pada tahun 1984.

Dirancang dan dikerjakan oleh team work di bawah kepemimpinan I.M. Pei, Piramida Louvre merupakan struktur kaca yang dirangkai bersama dengan rangka logam paling indah hasil karya tercanggih dari peradaban kehidupan manusia modern saat itu.

Baca Artikel Lainnya :

Gaya perpaduan kontras yang ditonjolkan antara arsitektur klasik dan ultra – modern telah mampu menarik seniman, mahasiswa/wi dan wisatawan untuk datang berkunjung.

Demikian informasi dari kami semoga bermanfaat bagi anda para backpacker yang gemar berpetualang keliling dunia.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *