3 Sarang Burung Terbesar Di Dunia

Sarang burung umumnya memiliki bentuk yang unik dan mungil di atas pohon. Bahan utama sarang juga biasanya berupa daun-daun kering, rumput dan sejenisnya. Namun 3 sarang burung yang ada di bawah ini ternyata menjadi burung paling besar  di dunia.

1. Sarang burung Malleefowl, Leipoa ocellata

m 60

Sarang burung dengan tinggi mencapai 44,5 meter dan lebar 10 meter serta berat hingga 330 ton berhasil dibangun oleh burung Malleefowl di Australia bagian timur.

Sarang ini bahkan menjadi yang paling besar di dunia. Burung Malleefowl sendiri adalah spesies burung yang memakan buah dan biji-bijian.

2. Elang Botak, Haliaeetus leucocephalus

m 61

Elang botak di Canada, Alaska, Amerika Serikat dan Meksiko bagian utara menempati posisi yang kedua pemilik sarang burung terbesar di dunia. Sarang burung yang dibangun atau dibuat oleh Elang botak ini sendiri memiliki lebar sekitar 2,8 meter, dengan berat 2 ton dan kedalamannya hingga 6 meter.

Burung dengan jenis ini memiliki penyebaran di Amerika Serikat dan Meksiko utara yang mengonsumsi burung, ikan dan mamalia kecil lainnya.

3. Sarang Burung Penenun, Social Weaver

m 62

Burung yang memiliki kemampuan sangat luar biasa ini memiliki nama Social weaver atau yang seringkali disebut sebagai burung penenun karena memiliki kemampuan istimewa dalam menenun sarang.

Burung ini juga membentuk sarang yang bahkan paling besar di dunia. Sarang terbesar yang pernah dibuat oleh burung penenun ini terletak di dataran Afrika Selatan dan Namibia.

Sebuah sarang yang menjadi rumah 500 ekor burung penenun ini beratnya lebih dari 907 kilogram. Sementara lebarnya mencapai 6 meter dengan panjang 6 meter.

Baca Artikel Lainnya :

Ukuran sarang burung ini dari atas hingga bawah adalah 2 meter. Di dalam sarang terdapat 100 bilik. Jadi, sarang yang sangat besar ini ibaratnya skyscraper hasil buatan manusia.

Berdasarkan keterangan biologis bernama Gavin Leighton yang berasal dari Miami, Amerika Serikat, di setiap kamarnya memiliki pintu yang masing-masing terbuat dari rumput dan dahan. Wah, seperti hotel bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *