3 Tips Ampuh Mengendalikan Penggunaan Plastik

3 Tips Ampuh Mengendalikan Penggunaan Plastik – Memiliki lingkungan yang bersih tentunya menjadi kondisi idaman semua orang, dan mendapatkannya perlu sedikit perjuangan. Mengapa demikian? Sebab di zaman yang modern ini menjadikan lingkungan sehat sama susahnya dengan mengobati penyakit mematikan.

Untitled

Populasi yang terus meningkat akan menjadikan pemukiman semakin padat, persoalan demi persoalan akan bermunculan. Salah satunya ialah mengenai persoalan sampah yang akan semakin menumpuk. Mengingat setiap keluarga setiap harinya akan menyumbangkan sampah rumah tangga.

Bijak mengelola sampah

Hampir setiap hari sebuah rumah akan membuang minimal satu bungkus plastik sampah yang apabila dikalikan dengan jumlah rumah dalam satu kompleks. Maka sudah tidak akan terhitung lagi berapa kilogram sampah per hari. Sampah sendiri terbagi ke dalam tiga jenis, yakni:

  1. Sampah organik, yang dengan mudah bisa diuraikan oleh bakteri pengurai sehingga bisa lenyap dari muka bumi.
  2. Sampah anorganik, merupakan jenis sampah yang sulit diuraikan jikalaupun bisa membutuhkan waktu ratusan hingga ribuan tahun sebelum hilang di muka bumi.
  3. Sampah beracun, merupakan jenis sampah yang diperoleh dari operasional pabrik maupun laboratorium.

Setiap jenis sampah memiliki sifat yang berbeda dan membutuhkan perlakukan yang berbeda pula agar mudah untuk diuraikan. Menumpuknya sampah membuat banyak orang mengelolanya kembali atau di daur ulang untuk kemudian bisa digunakan kembali. Namun, akan jauh lebih bijak apabila Kita mampu mengendalikan penggunaan sampah anorganik tersebut. Mengingat proses penguraiannya memakan waktu yang tidak sebentar sehingga perlu kesadaran untuk membatasi penggunaannya. Salah satu sampah anorganik yang gemar digunakan dalam jumlah besar ialah sampah plastik.

Tips mengendalikan penggunaan plastik

Berapa plastik yang Anda gunakan per harinya? Pergi ke warung sebelah rumah, datang ke sebuah toko maupun minimarket, pergi ke pasar. Pasti akan membawa oleh-oleh wajib berupa plastik untuk membungkus apa yang sudah dibeli. Maka sejatinya konsumsi plastik per harinya sangatlah besar, mengolahnya pun tidak bisa sembarangan.

Sebab jika dikubur akan membutuhkan waktu lama agar terurai, jika dibakar maka akan memicu pemanasan global. Namun apabila hanya dibiarkan begitu saja maka lingkungan akan kotor dan menjadi sangat cocok untuk bakteri, kuman, dan virus berkembang biak.

Maka Anda perlu menyadari bahwa salah satu cara tepat untuk mengendalikan jumlah sampah plastik ialah membatasi penggunaannya. Adapun cara yang bisa dilakukan antara lain:

  • Menyediakan goodie bag pribadi, sehingga setiap pergi ke suatu tempat untuk membeli sesuatu Kita tidak perlu menggunakan kemasan plastik sebagai pembungkus.
  • Selalu membawa minuman dari rumah, bepergian akan lebih praktis membeli minuman dalam kemasan, kurangi kebiasaan tersebut agar sampah plastik tidak semakin menggunung.
  • Apabila terpaksa menggunakan plastik maka sebaiknya memilih plastik organik yang mudah terurai, kini pun bisa dengan mudah didapatkan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “3 Tips Ampuh Mengendalikan Penggunaan Plastik

  1. Pingback: Cara Tepat Atasi Polusi Udara di Perkotaan | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *