3 Tips Sukses Bisnis UKM Bagi Para Pemula

Dalam percaturan bisnis terutama sektor swasta, tidak ada cara instan untuk mampu meraih kesuksesan terutama pada sektor Usaha Kecil Menengah (UKM).

Menurut pendapat seorang ahli ekonomi, Gunawan Ardiyanto, konsultan bisnis sekaligus penulis buku – buku tentang UKM, agar anda bisa menuju pada jenjang kesuksesan dengan menekuni peluang usaha,

Untitled

Sebuah UKM membutuhkan proses, dan lama proses tersebut adalah tidak sama antara satu usaha dengan usaha lainnya,  karena hal ini tergantung besar – kecilnya usaha tersebut.

Erat kaitannya dengan penjelasan singkat dari kami tersebut di atas, berikut ini ada 3 tips untuk bisa anda pelajari agar sukses di bidang UKM, seperti yang kami ulas di bawah ini :

  1. Mempunyai Business Plan

Banyak orang yang memulai menjalankan usaha UKM dengan cara coba – coba atau dikenal dengan istilah “ Trial and Error ”, mereka tidak mau belajar dari ahlinya.

Tidak mau mengeluarkan biaya besar untuk proses belajar tersebut dan pada akhirnya justru mengeluarkan biaya yang sangat besar karena kegagalan – kegagalan atau mengalami kerugian yang sebenarnya bisa mereka hindari atau paling tidak diminimalkan.

Menurut Gunawan, dengan anda tekun dan bersedia belajar dan bertanya kepada ahlinya atau kepada orang yang sudah sukses duluan dalam menjalankan jenis usaha tersebut, akan bisa membuka pengetahuan dan peluang untuk anda dalam merangkai sukses.

Perencanaan usaha ( Business Plan ) tidak hanya dibutuhkan pada saat memilih dan memulai usaha, tetapi juga bermanfaat untuk mengevaluasi sampai mengembangkan usaha yang mencakup hal – hal berikut patut untuk diperhatikan : Deskripsi Bisnis, Analisa Pasar dan Kompetitor, Pemilihan Lokasi, Pemasaran, Manajemen dan SDM, Rencana Produksi, Keuangan, Data informasi pendukung, Tujuan Jangka Pendek, Menengah dan Jangka Panjang, serta Pengembangan Usaha.

  1. Mempunyai S.O.P

Standard Operating Procedure ( SOP ) bisa diterjemahkan sebagai pendetailan dari Business Plan yang memiliki manfaat menjaga konsistensi perusahaan dalam menjalankan suatu prosedur kerja, memberikan kejelasan prosedur kerja, tanggung jawab dan wewenang, bisa meminimalisir kesalahan dalam melakukan pekerjaan, memudahkan pendelegasian serta membantu dalam evaluasi terhadap masing – masing proses kerja. Juga, S.O.P dapat dimanfaatkan sebagai persiapan untuk pembuatan franchise usaha anda jika sudah mengalami perkembangan yang maju.

  1. Mempunyai Strategic Plan

Strategic Plan dalam perusahaan bermanfaat sebagai strategi untuk menghadapi permasalahan yang kemungkinan muncul dalam perusahaan sebagai kondisi buruk tak diduga,.

Baca Artikel Lainnya :

Bisa bersifat intern maupun ekstern,  jangka pendek, menengah atau  jangka panjang, bahkan dapat diaplikasikan jika terjadi sesuatu di dalam perusahaan secara mendadak atau tiba – tiba, misalnya menghadapi kompetitor, supplier, partner, bahkan masalah antar karyawan.

Demikian info dari kami, semoga bermanfaat dalam menjalankan bisnis UKM yang sedang anda rintis sehingga perusahaan mampu meraup keuntungan dalam jumlah layak.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *