4 Faktor Menyebabkan Banjir Bandang di Jakarta

4 Faktor Menyebabkan Banjir Bandang di Jakarta – Jakarta memang selalu menyimpan cerita yang tidak pernah ada habisnya. Tidak hanya memiliki cerita tentang keindahannya saja, tetapi ternyata Jakarta selalu menghadirkan cerita yang sensasional.

a

Kepopuleran dari kota ini ternyata juga dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung lain seperti adanya sensasi yang sengaja ditimbulkan untuk mendongkrak kepopularitasannya. Salah satu masalah yang seringkali mengintai kota ini adalah masalah kebanjiran kota.

Meski telah mengalami beberapa perubahan pemimpin, tetapi nyatanya masalah banjir ini memang selalu menjadi agenda yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan rakyat Indonesia. Faktor utama dan awal yang menjadi dasar terjadinya banjir adalah karena adanya kegiatan dan menjadi kebiasaan dari rakyat dari kota Jakarta itu sendiri yang kurang menjaga lingkungannya.

Salah satu contoh bagi warga ibu kota dalam tidak menjaga lingkungannya adalah dengan tidak membuang sampah pada tempatnya. Tidak sedikit warga dari ibu kota ini merasa membuang sampah pada tempatnya, dan menurut mereka sungai adalah tempat yang paling tepat dalam membuang barang mereka.

Faktor kedua yang dapat membuat ibu kota Jakarta ini memiliki masalah banjir adalah mengenai system dari saluran air yang sangat buruk. Hal ini terjadi karena kembali lagi pada perhatian pemerintah yang kurang pada beberapa fasilitas dari keindahan kota.

Meskipun selalu saja dibahas mengenai program kerja yang dianggap baik dan menimbulkan ide yang cemerlang, tetapi nyatanya para pemimpin di atas sana seringkali membuat beberapa kucuran dana dari proyek tersebut menjadi berkurang atau hilang dengan maraknya tindak korupsi yang terjadi. Hal ini tentu saja membuat pilu bagi semua warga dan juga rakyat yang menginginkan keadaan Jakarta yang bebas dari banjir.

Faktor ketiga yang merupakan salah satu penyebab dari banjir yang mengancam Jakarta adalah faktor beberapa rawa dan juga situ yang telah menghilang dari peredaran. Tidak dipungkiri bahwa ibu kota ini merupakan salah satu kota yang memiliki jumlah penduduk yang tinggi, untuk mengatasi masalah tersebut maka terdapat beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab untuk menguruk lahan tersebut sebagai suatu daratan yang dapat dihuni oleh manusia lainnya. Semua hal dalam aspek memberantas banjir di ibu kota ini memang memiliki peranan dan kesadaran yang tinggi.

Faktor keempat dari penyebab adanya aktifitas banjir ini adalah masalah permukaan tanah di kota Jakarta yang selalu mengalami penurunan pada tiap harinya. Hal ini memang tidak bisa semata-mata disalahkan kepada lingkungan saja, mengingat dari 4 faktor yang telah diulas terdapat 4 jumlah dari faktor manusia yang menyebabkan Jakarta selalu menjadi langganan banjir.

Permukaan tanah yang mengalami penurunan ini juga disebabkan oleh beberapa kegiatan lain yang mengacu pada manusia yaitu kegiatan penyedotan air tanah yang sangat berlebihan untuk mencukupi kebutuhan akan air pada beberapa gedung bertingkat.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “4 Faktor Menyebabkan Banjir Bandang di Jakarta

  1. Pingback: Ini Alasan Mengapa Dunia Butuh Indonesia! | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Demam Akik, Bagus untuk Ekonomi Namun Buruk Bagi Lingkungan | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *