4 Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Gadget Anda Terkena Air

4 Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Gadget Anda Terkena Air – Memang kondisi ini tidak bisa dihindari gadget terkena air, kemungkinan kondisi ini disebabkan karena kecerobahan dan bahkan tidak disengajakan. Semua barang elektronik yang anda miliki akan bisa berdampak negatif atau kerusakan di akibatkan bila terkena air dalam jangka lama.

1

Bukan hanya terkena terendam air saja dapat mengakibatkan kerusakan pada gadget anda, melainkan benturan dari beberapa benda juga akan mengakibatkan kerusakan bahkan menyebabkan gadget anda tidak berfungsi lagi. Namun jika gadget anda terkena air atau terendam air tanpa disengaja, ada beberapa tips mudah dan ampuh yang harus dilakukan ketika hal tersebut terjadi.

1. Segera Mencabut Baterai

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mencabut atau mencopot baterai, hal ini dikarenakan baterai merupakan salah satu sumber arus listrik sehingga ketika di cabut akan memutuskan arus tersebut kesemua perangkat gadget anda. Bukan hanya itu, mencabut baterai juga harus dilakukan dengan baik dan tepat, jangan asal saja karena baterai tersebut sudah terkena air sehingga harus dilakukan dengan hati – hati tanpa merusak bagian penghubungan baterai dengan gadget anda.

2. Mengeringkan Bagian Luar dan Dalam

Hal kedua yang harus dilakukan ketika gadget terkena atau terendam air adalah dengan mengeringkan bagian luar dan dalam gadget anda. Lakukan hal tersebut dengan membongkar bagian dalam dan membersihkan air yang masih tersimpan di dalam gadget. Namun apabila sulit dalam pembiongkaran bagian dalam gadget, sebaiknya lakukan penjemuran tanpa harus membongkar perangkat dalam gadget yang di miliki.

3. Merendam Gadget Dengan Serbuk Silika Atau Beras

Hal ketiga anda dapat menggunakan metode yang alternatif mudah lainnya, yaitu dengan cara merendam gadget yang terkena air tersebut kedalam serbuk silika atau beras. Hal ini bertujuan agar dapat bisa meresap air yang masih ada di dalam gadget anda, sehingga akan membantu mempercepat proses pengeringaan dan menghindari konsleting arus listrik yang ada di dalamnya.

4. Merendam Gadget Dalam Larutan Alkohol

Alkohol memang tidak baik untuk kesehatan, namun alkohol ternyata dapat juga membantu mengatasi masalah gadget yang terendam air dalam jangka lama. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada di dalam alkohol sangat bersifat berlawanan dengan air, sehingg akan membantu menghindari konsleting arus listik pada gadget yang terendam. Jika anda ingin mengatasi tingkat konsleting arus listik menggunakan alkohol, sebaiknya pilihlah jenis alkohol isopropyl dengan konsentrai 95 %.

Baca juga :

Itulah 4 hal yang harus dilakukan ketika gadget anda terkena air semoga informasi kami berguna dan bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *