4 Jenis Hutan Beragam di Indonesia

4 Jenis Hutan Beragam di Indonesia Indonesia merupakan negara yang kaya dengan flora dan fauna. Bentuk negara yang memanjang menyebabkan munculnya hutan dengan jenis flora yang berbeda-beda.

Untitled

Iklim yang ada di Indonesia juga sangat mempengaruhi flora di sini, dan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan biodiversities yang sangat tinggi. Tahukah Anda, bahwa di Indonesia ada setidaknya 4 jenis hutan?

Hutan hujan tropis

Sebagai negara dengan iklim tropis, sudah jelas bahwa Indonesia mempunyai jenis hutan ini. Hutan hujan bisa tumbuh karena sinar matahari yang cukup, dengan suhu yang tinggi, serta curah hujan setiap tahun yang juga tinggi. Inilah beberapa fakta tentang hutan hujan di Indonesia:

  • Lantai hutan di hutan hujan biasanya gelap lantaran pohon di hutan ini bisa tumbuh sangat tinggi, dan menutupi sinar matahari.
  • Sekarang ini, luas hutan di Indonesia sudah berkurang, dan kebanyakan karena pertanian, perkebunan kelapa sawit, dan penebangan liar.
  • Hanya sekitar 49% dari Indonesia yang masih ditutupi hutan sekarang ini.
  • Indonesia kehilangan sekitar 300 ribu ha hutan per tahunnya.

Hutan bakau

Hutan bakau adalah kumpulan dari tanaman mangrove atau bakau yang tumbuh di pantai landai, dan juga daerah yang berlumpur. Sebagai negara dengan banyak kepulauan, Indonesia menjadi salah satu negara dengan hutan bakau yang terbesar di dunia. Inilah beberapa fakta tentang hutan bakau:

  • Sangat bermanfaat untuk mencegah abrasi pantai.
  • Sebagai tempat untuk berkumpulnya udang dan ikan.
  • Menjaga agar tidak terjadi banjir yang sampai ke daratan dan mencegah air asin merembes ke daratan.
  • Luas hutan bakau di Indonesia mencapai 2,5 juta ha, terutama di daerah Sumatra dan Kalimantan.
  • Menyerap karbon dioksida jauh lebih efektif daripada hutan lain.

Hutan musim

Hutan ini merupakan hutan yang unik. Dinamakan hutan musim lantaran penampilannya ketika musim kering dan musim hujan sangatlah berbeda. Ketika musim hujan tiba, hutan ini tampak seperti hutan biasa yang hijau dan rindang. Namun ketika musim kering, pohon-pohon di tempat ini meranggas, yaitu menggugurkan daunnya. Inilah beberapa fakta tentang hutan musim di Indonesia:

  • Hutan musim ini kebanyakan berada di tempat yang punya temperatur tinggi.
  • Konsentrasi hutan musim terbesar di Indonesia ada di Jawa Tengah hingga mencapai Nusa Tenggara.
  • Jenis pohon yang ada di hutan musim biasanya adalah pohon jati dan pohon kapuk.

Sabana

Ya, Indonesia pun mempunyai sabana. Meski hutan semacam ini biasanya identik dengan daerah di Afrika, tetapi Indonesia pun ternyata mempunyainya. Meski disebut hutan, pada dasarnya sabana lebih merupakan sebuah padang rumput, dengan pohon-pohon yang tingginya rendah, serta semak belukar di sekitarnya. Biasanya hutan seperti ini ada di daerah yang mempunyai temperatur kering. Sabana di Indonesia bisa Anda jumpai di daerah Nusa Tenggara, dan biasa digunakan untuk peternakan kuda.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *