4 Kesalahan dalam Mengkosumsi Protein

Cara menjaga kesehatan memang bearagm mulai dari olahraga hingga menjaga berat badan ideal dengan cara diet. Yang selalu Anda handalkan adalah karbohidrat kompleks seperti yang terdapat pada gandum dan nasi hitam.

g 15

Apa Anda sudah rutin mengonsumsi bermacam sayur dan buah setiap harinya. Lalu bagaimana dengan asupan protein? Apa Anda sudah yakin dengan kebutuhan asupan protein Anda tercukupi dengan baik?

Tahukah Anda jika rata-rata wanita dewasa membutuhkan asupan protein sekitar 40-50 gram per harinya. Akan tetapi masalahnya kebutuhan protein dari setiap orang itu berbeda-beda tergantung dari aktivitasnya sehari-hari.  Berangkat dari sinilah banyak orang yang salah dalam memenuhi jumlah protein pada tubuhnya.

Untuk itu Anda juga harus tahu kesalahan apa saja dalam mengkonsumsi protein seperti yang dirangkum dibawah ini:

1. Tidak paham hitungannya

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan seseorang dalam mengkonsumsi kebutuhan protein adalah tidak memahami perhitungannya. Bila seorang wanita memiliki berat badan 58kg maka seorang wanita tersebut membutuhkan jumlah protein sekitar 46 gram tiap harinya.

Rumusannya adalah dihitung dari total berat badan Anda (satuan kilogram) dikali dengan 0,8 (bila Anda memiliki gaya hidup kurang aktif), dan dikalikan dengan 1,3 (bila ANda tergolong wanita aktif atau sedang dalam masa kehamilan), dan yang terakhir dikalikan dengan 1,8 (bila Anda merupakan orang yang benar-benar aktif).

2. Hanya mengadalkan satu sumber

Kesalahan kedua yitu Anda hanya mengandalkan satu sumber protein saja. Sedsngkan setiap jenis protein memiliki fungsi yang berbeda. Seperti protein pada susu berfungsi untuk membantu kontaraksi otot dan tulang Anda.

Ternyata protein hewani jauh lebih efisien berperan aktif pada tubuh karena memiliki kandungan asam amino yang sangat lengkap. Sementara protein nabati pada kacang memiliki zat antioksidan yang tidak dimiliki oleh sumber protein lain.

3. Tidak memenuhi asupan protein setelah olahraga

Selain itu kesalahan alinnya ydng juga kerap ditemui adalah Anda tidak mengonsumsi protein saat usai berolahraga. Karena anda terfokus pada asupan karbohidrat sebagai pengganti energi Anda setelah terbakar habis.

Padahaal saat olahraga banyak serat-serat otot Anda yang robek terpisah. Untuk itu Anda memerlukan protein untuk memperbaiki jaringan otot Anda kembali. Konsumsilah protein seusai olahraga paling lambat 30 menit setelahnya.

Karena pada saat itu tubuh Anda masih bersifat reseptif. Dan setelah lewat 30 menit maka akan susah untuk memperbaiki jaringan otot Anda.

Baca Artikel Lainnya :

4. Hanya mengandalkan bar dan shakes sebagai sumber protein

Memang seiring dengan kesibukan yang menumpuk, ada sebagian Anda memilih bar dan shakes sebagai sumber utama asupan protein untuk tubuh Anda.

Padahal tahukan Anda jika beberapa produk bar dan shakes memiliki kandungan gula yang lebih. Untuk itu ada baiknya Anda mengubah keduanya dengan kacang-kacangan, yogurt, atau telur rebus.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *