4 Tempat Wisata di Jogjakarta yang Angker

Kota Jogjakarta yang terkenal dengan sebutan kota Gudeg ini, sangat kental dengan budaya Jawanya. Masyarakat Jogjakarta sangat menjaga kelestarian budaya mereka walaupun jaman terus berkembang.

Banyak sekali tempat wisata yang menjadi andalan wisatawan saat berkunjung ke Jogjakarta. Diamtaranya adalah Malioboro, Candi Prambanan, Taman Pintar, Candi Borobudur, Kaliurang, Gunung Kidul, dan lain sebagainya.

Namun, selain terkenal dengan wisata alam  dan  museumnya, di Kota Jogjakarta banyak wisata mistis yang tak kalah menarik untuk di kunjungi. Berikut ini adalah tempat-tempat wisata yang menurut warga sekitar angker dan mistis.

1. Makam Raja-Raja Mataram di Imogiri

Makam Raja-Raja Mataram yang berlokasi di Imogiri ini dibangun sekitar tahun 1632. Yang membangun Makam ini adalah Raja terbesar di Mataram yang bernama Sultan Agung. Untuk mencapai makam, anda harus melewati ratusan anak tangga yang terjal dikelilingi oleh hutan berantara di sebalh kiri dan kanan tangga.

f 60

Tempat wisata ini sangat ramai dikunjungi saat liburan tiba, namun untuk dapat masuk ke dalam makam anda harus memakai kain kemben, tidak boleh memakai baju selain kain tersebut.

Makam ini selain terkenal dengan panorama alam yang indah, terkenal juga cerita-cerita mistisnya dan terkenal sebagai makam raja paling keramat. Banyak pengunjung dan masyarakat sekitar yang melihat penampakan dan mendengar suara tamgisan dari hutan di kawaan Makam.

2. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis kini tidak boleh digunakanuntuk berenang karena ombaknya yang tinggi dan banyak korban yang hanyut dibawa ombak. Dibalik itu, ada beberapa cerita bahwa korban yang tenggelam tersebut mayatnya susah ditemukan karena konon katanya dibawa ke alam gaib Nyi Roro Kidul.

f 61

Diperlukan upacara khusus untuk dapat menemukan korban tenggelam tersebut. Selain itu, di Pantai Parangtritis terdapat mitos bahwa anda tidak boleh memakai baju berwarna hijau karena itu merupakan warna kesukaan Nyi Roro Kidul dan jika melanggar konon katanya anda akan tenggelam di pantai tersebut. Percaya atau tidak itu bergantung pada kepercayaan anda masing-masing.

3. Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo letaknya tidak jauh dari Pantai Parangtritis yang terkenal kramat oleh masyarakat sekitar. Masyarakat sekitar meyakini bahwa Pantai ini merupakan gerbang gaib menuju kerajaan gaib Nyi Roro Kidul. Beberapa orang mengakui pernah melihat pasukan Nyi Roro Kidul di Pantai ini.

f 62

Namun di balik cerita mistis, masih banyak saja wisatawan lokal maupun asing yang mengunjungi tempat wisata ini karena pemandangan alamnya yang bagus.

4. Wisata Istana Air Taman Sari Di Jogja

Taman Sari merupakan pusat rekereasi yang digunakan oleh keluarga raja pada jaman dahulu yang dibangun tahun 1758. Ide awal pembangunan Istana air ini adalah dari Pangeran Mangkubumi dan Raden Ronggo. Taman Sari memiliki dua buah pintu gerbang utama yaitu Gapuro Agung dan Gapuro Panggung.

f 63

Keindahan Taman sari menjadikannya tempat favorit bagi wisatawan asing maupun lokal untuk berkunjung kesini.  Dibalik pemandangannya yang indah, terdapat banyak cerita mistis oleh masyarakat setempat.

Beberapa orang ada yang pernah meilihat penampakan raja yang sedang bersemedi di Kawasan Taman Sari ini dan ada juga yang pernah melihat wanita cantik menyerupai bidadari yang sedang bermain air di sini.

Tak ada salahnya jika anda berkunjung ke Jogjakarta anda mengunjungi juga tempat-tempat ini. Percaya atau tidak terhadap cerita mistis yang ada di tempat tersebut, itu bergantung pada pribadi anda masing-masing.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *