4 Tips Melestarikan Hutan

4 Tips Melestarikan Hutan – Menjaga bumi tetap hijau akan menjadikan lingkungan tempat tinggal dan seluruh dunia menjadi lebih nyaman untuk ditinggali. Salah satunya ialah dengan menjaga kelestarian hutan, terlebih Indonesia yang merupakan negara beriklim tropis.

Untitled

Menjadikan banyak sekali jenis tanaman dan pepohonan yang bisa tumbuh dengan subur dan kawasan hutannya cukup luas. Sayangnya seiring dengan perkembangan zaman, jumlah penduduk terus meningkat dan bumi menjadi semakin padat.

Bahaya hutan gundul

Penebangan hutan untuk tujuan pembukaan lahan menjadi sebuah tindakan yang tidak terelakkan, dan berdampak cukup besar terhadap lingkungan. Daerah hutan yang menjadi tempat tumbuhnya berbagai jenis pohon dan tanaman lainnya memberikan banyak manfaat.

Salah satu manfaat yang sangat kentara ialah dari fungsinya yang mampu menghindarkan bencana banjir maupun tanah longsor. Gundulnya hutan menjadikan daerah padat pemukiman penduduk lebih sering akrab dengan banjir tahunan, sehingga penting sekali merawat kelestarian hutan.

Hutan juga memiliki sebutan sebagai paru-paru dunia, sebab tanaman mampu menyerap kandungan karbondioksida di sekitar Kita. Kemudian dari proses yang dilakukan oleh tanaman tersebut akan melepaskan oksigen yang menjadi salah satu gas yang dibutuhkan manusia.

Tidak heran jika kesehatan pernafasan untuk masyarakat yang bermukim di daerah dekat hutan lebih terjaga dibandingkan yang sebaliknya. Sebenarnya menjaga kelestarian hutan adalah tanggung jawab bersama dan tidak bisa hanya dilakukan oleh satu atau dua orang ataupun oleh sebuah instansi saja.

Upaya untuk melestarikan hutan

Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk membantu menjaga keberadaan atau kelestarian hutan, upaya yang bisa dilakukan antara lain:

  • Reboisasi, penebangan hutan secara liar akan meninggalkan kawasan hutan yang gundul maka Kita bisa menanam pohon kembali di lahan gundul tersebut agar hutan tetap ada.
  • Tebang Pilih, kayu dari hutan memang tetap akan dibutuhkan namun pengambilan kayu tersebut harus tepat, salah satunya dengan memilih pohon tertentu yang diperbolehkan untuk ditebang agar membatasi penebangan hutan.
  • Tebang Tanam, metode ini memang jauh lebih efektif sebab setiap ada penebangan pohon maka akan diiringi dengan penanaman kembali.
  • Penebangan konservatif, menebang pohon juga akan menjadi lebih terstruktur apabila hanya diperbolehkan menebang pohon yang sudah tua atau tidak produktif lagi.

Beberapa tahun yang lalu terjadi penebangan hutan secara liar yang berlebihan di tanah air, akibatnya tentu baru dirasakan saat ini. Banyaknya hutan yang telah gundul menjadikan daerah resapan air hujan semakin terbatas dan lebih mudah terkena bencana banjir kala musim hujan datang.

Hutan yang menjadi habitat bagi hewan-hewan liar akan menyebabkan gangguan bagi penghuninya. Maka menjadi hal yang tidak asing apabila ada hewan liar yang masuk ke perkampungan dan membuat kekacauan. Banyak sekali masalah yang bisa timbul dengan adanya hutan gundul, maka sudah kewajiban Kita untuk melestarikannya bersama-sama.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “4 Tips Melestarikan Hutan

  1. Pingback: Membuat Kebun Sebagai Hutan Pribadi | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *