4 Tips Mengupas Bawang Tanpa Harus Menangis

Mengupas bawang merah memiliki tantangan tersendiri bagi para pemula di bidang memasak. Bagaimana tidak? Setiap kali mencoba mengiris bawang merah, air mata langsung bercucuran. Bahkan, air hidung ikut-ikutan menetes yang kerap membuat keasyikan memasak jadi sedikit terganggu.

d 47

Kalau mengiris bawang merah hanya 3 atau 4 siung saja tidak masalah. Akan tetapi, bagaimana jika jumlahnya hingga berkilo-kilo bawang merah, karena Anda sedang membantu memasak di rumah tetangga yang akan mengadakan acara hajatan misalnya.

Wah, jadi repot kalau menangis terus, kan? Tapi, Anda tak perlu bingung sama sekali. Segera simpan air mata Anda untuk hal lain, karena kami punya tips mengupas bawang tanpa perlu meneteskan air mata alias menangis berikut ini:

  • Pisau harus tajam

Tanpa pisau tajam, zat amino acid sulfoxide yang ada di dalam bawang merah akan mudah keluar dan menguap ke udara sehingga membuat mata Anda jadi pedih. Nah, gunakan pisau yang tajam. Jadi, mengiris bawang merah dapat cepat dan meminimalisir pengeluaran zat amino acid sulfoxide yang menyebabkan mata pedih.

  • Rendam air

Agar zat amino acid sulfoxide di dalam bawang tidak menguap ke udara dan sampai ke mata, cukup rendam bawang merah di dalam air. Kemudian, diiris-iris halus seperti biasa. Tadaa… tak ada lagi lelehan air mata!

  •  Masukkan dalam freezer

Konsepnya sama seperti poin di atas, zat amino acid sulfoxide bawang merah yang membuat mata pedih tidak akan mudah menguap jika bawang merah ditaruh dalam lemari es hingga membeku namun tidak sampai menjadi es.

Baca Artikel Lainnya :

Tidak perlu repot-repot merendam atau memiliki pisau tajam, kali ini Anda hanya perlu melindungi area mata dari terkena zat amino acid sulfoxide yang menguap ke udara dan membuat mata pedih. Yaitu, memakai kacamata. Kacamata ini bisa memakai kacamata renang, kacamata hitam dan sebagainya.

Sekarang, selamat mengiris bawang merah tanpa perlu menangis…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *