5 Bahasa Unik dan Aneh di Dunia

Bahasa merupakan alat komunikasi lisan yang menghubungkan setiap orang di dunia ini dengan sesamanya.

Di dunia ini ada ribuan bahkan jutaan bahasa. Badan internasional, PBB menyatakan bahwa ada 6000-an bahasa yang terancam punah. Menurut lembaga internasional ini pula, bahasa dapat lenyap dalam kurun waktu dua minggu (rata-rata).

l 85

Tetapi, tahukah Anda bahwa ada bahasa-bahasa yang unik dan aneh di dunia ini, seperti terangkum berikut ini.

  • Archi

Bahasa Archi digunakan oleh kurang lebih 1200 masyarakat di ujung Laut Kaspia, Rusia Utara. Tepatnya di salah satu desa kecil disana yang bernama Archib. Bahasa ini juga digunakan oleh enam desa lain yang mengelilingi desa ini.

Sebenarnya, di desa-desa ini terdapat 3 bahasa yaitu Archi, Lak, dan Avar. Kedua bahasa lain tesebut juga digunakan disana. Dan bahasa Archi memiliki kesamaan dengan dua bahasa lainnya.

Hanya saja, para ilmuwan masih berdebat dengan hubungan mana yang lebih dekat antara bahasa Archi dengan bahasa Lak atau bahasa Archi dengan bahasa Avar.

Uniknya, bahasa ini memiliki lebih dari 1.5 juta turunan dari bentuk kata dasar. Penggunaannya sendiri tentu saja tergantung situasi dan kondisi.

Sebagai referensi, pada bahasa Inggris terdapat kata sing. Turunannya adalah sang, singing, will sing, has sing, will have been sing dan seterusnya. Hal ini juga berlaku pada bahasa Archi, hanya saja turunan dari kata dasarnya terdapat lebih dari 1.5 juta kata. Wow! Bagaimana masyarakat disana bisa menghafal kata sebanyak itu ya?

  • Yupik

Bahasa Yupik digunakan oleh masyarakat di Alaska selatan, barat, dan timur laut Siberia. Bahasa ini memiliki beberapa macam yang merupakan bahasa yang bisa dikatakan berdiri sendiri-sendiri, sebab mereka tidak dapat memahami satu sama lain.

Macam-macam bahasa Yupik antara lain Naukan Yupik, Yupik Siberia Tengah, Yupik Alaska Tegah, Alutiiq, dan Sirenik yang telah punah namun awalnya digunakan di Semenanjung Chukchi.

Lebih unik lagi, bahasa ini selalu memiliki kata yang digunakan secara spesifik (tidak dapat digunakan untuk selain hal tertentu). Misalnya, untuk mengatakan “Dia belum mengatakan bahwa dia nanti akan memburu rusa lagi” digunakan kata tuntussuqartaniksaitengqiggtuq.

Dan tidak bisa menggunakan kata yang lain untuk mengatakan hal tersebut. satu-satunya kata yang spesifik di bahasa ini adalah tuntu, untuk menyebut rusa.

Bayangkan betapa banyaknya ragam kata yang digunakan setiap harinya dan mereka bisa memahami semua itu!

  • Pawnee

Bahasa Pawnee digunakan oleh masyarakat Amerika asli—suku indian—yang terletak di Oklahoma. Tanah sejarah mereka berada di sungai Platte yang sekarang dikenal sebagai Nebraska.

Sebenarnya susunan alfabet pada bahasa ini sederhana, namun bahasa ini memiliki banyak kata yang mengandung lebih dari 30 suku kata. Setiap susunan kalimat juga setidaknya memiliki kata dengan paling sedikit 10 suku kata.

Sayangnya, bahasa unik ini diperkirakan dalam beberapa tahun kedepan akan punah. Sebab, yang menggunakannya sampai sekarang hanya tetua adatnya saja. Para anak muda lebih suka mempelajari bahasa inggris daripada bahasa suku mereka.

  • Sentinelese

Dari namanya saja, bahasa ini sudah terdengar unik. Tidak banyak informasi mengenai bahasa ini.

Bahasa ini digunakan oleh orang-orang Sentinelese yang tinggal di Kepulauan Andaman, India. Karena kurangnya kontak orang-orang Sentinelese dengan dunia luar selama sekitar 3 abad, tak ada orang luar yang tahu tentang bahasa mereka.

Para peneliti tidak bisa mengeksplor bahasa ini lebih dalam karena suku Sentinelese memberi kebijakan yang sangat ketat. Orang-orang di suku tersebut diperbolehkan untuk melepas anak panah kepada siapapun orang asing yang hendak mendekati pulau tersebut.

Meski diperkirakan, bahasa Sentinelese mungkin masih memiliki kemiripan dengan bahasa Andamanese lainnya. Anda perlu tahu bahwa bahasa Andamanese sendiri sudah cukup gila karena menggunakan kata yang didasari dari bagian-bagian tubuh manusia.

Dalam suatu percobaan, seorang penduduk Onge—suku yang letak geografisnya berdekatan, sehingga dimungkinkan dapat berkomunikasi dengan orang-orang Sentinelese—dibawa ke North Sentinel Island untk berkomunikasi dengan penduduk lokal. Namun, penduduk Onge tersebut sama sekali tidak dapat memahami satu pun kata dari penduduk asli pulau tersebut. Sehingga, percobaan ini justru memicu perselisihan antara dua suku.

Bahasa Sentinelese ditetapkan sebagai bahasa yang hampir punah sebab hanya digunakan oleh 250-an orang saja.

  • Silbo Gomero

Bahasa ini adalah bahasa terunik dalam daftar in—menurut saya sendiri :D. Sebab, bahasa ini sama sekali tidak menggunakan kata-kata kompleks seperti bahasa lainnya. Namun, menggunakan siulan. Ya, siulan.

Kondisi topografi di daerah kediaman mereka tidak memungkinkan untuk mengunakan kata-kata untuk saling berkomunikasi jarak jauh. Sebab, topografi tempat tinggal mereka berupa lembah yang sempit dan ngarai yang dalam.

Penduduk La Gomera menggunakan siulan untuk menggantikan kata-kata. Mereka menggunakan naik-turunnya nada sebagai tanda pembeda.

Jika Anda berteriak, misalnya meneriakkan suatu kalimat dari satu ngarai, mungkin suara Anda akan terdengar sampai sisi lain pulau. Namun, suara Anda akan berubah, sehingga menjadi terdengar tanpa makna. Berbeda halnya kalau yang digunakan adalah siulan dan naik-turunnya nada, maka definisinya akan terjaga.

Baca Artikel Lainnya :

Pada bahasa ini, huruf konsonan dan vokal dibedakan dengan sistem naik-turunnya nada yang disiulkan kemudian digabungkan bersama-sama sehingga gabungan dari nada siulan tersebut menghasilkan kata dan kalimat bagi mereka.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *