5 Cara Agar Buah Hati Anda Suka Sayuran

5 Cara Agar Buah Hati Anda Suka Sayuran – Apakah anda tergolong sebagai anak yang sulit makan sayur saat masih kecil? Coba ditelisik kembali, kira – kira apa penyebab sayur kurang anda nikmati saat itu? Apakah karena rasa? Tekstur? Atau teknik sajinya?

Untitled

Kalo saya pribadi, yang paling diingat ketika mengkonsumsi sayur saat kecil adalah rasanya yang tidak enak dimulut.

Tapi kalo saya pikirkan di masa kini, mungkin saya tidak suka rasa sayur karena rasa itu asing, jarang saya makan.

Dan memang benar, saya tidak dibiasakan untuk mengkonsumsi sayur sejak dini. Disinilah dapat kita simpulkan bahwa anak butuh pembiasaan dalam segala hal, pembiasaan makan sayurlah salah satunya.

Apalagi ya kira – kira yang harus dilakukan agar anak bisa menyukai sayuran?

  1. Ajak anak anda untuk belanja ke pasar

Hal ini perlu dilakukan karena pedagang sayur di pasar pasti memiliki berbagai macam stok sayuran untuk dijual, beragam rupa dan bentuk.

Dari sini, biarkan anak untuk memilih sayur apa yang dia ingin makan pada hari itu. Dari sini akan tumbuh perasaan ingin tahu dan senang karena dia diizinkan untuk membuat pilihan atas apa yang akan dimakannya sendiri.

  1. Maraknya dunia online shopping ternyata dapat mempermudah langkah orang tua untuk memperkenalkan tanaman sayuran kepada anak. Bagaimana caranya?

Ajarkan anak untuk menanam benih sayuran. Kemudian ajarkan juga kepada mereka cara merawat tumbuhan dari kecil hingga siap dipanen.

Ketika sudah siap panen anak akan merasa gembira bahwa ternyata dirinya bisa menanam dan memetik hasil dari tanamannya tersebut. Kemudian tawarkan jenis masakan yang kira – kira cocok jika dimasak atau dihidangkan bersama jenis sayuran tersebut.

  1. Sediakan saus celup bagi anak untuk menikmati sayurannya. Misalnya brokoli dengan cocolan saus keju atau mayones.
  2. Jadilah contoh yang baik bagi anak anda. Ketika makan bersama, ambillah sayur bagian anda terlebih dahulu. Makanlah dengan lahap dan tunjukkan kepada anak anda bahwa sayurnya memang enak. Kemudian biarkan anak mencoba sedikit dulu, jangan ada pemaksaan di sini. Jadi anak akan mau memakan sayur dengan sendirinya, bukan karena terpaksa akibat jengkel dengan paksaan tersebut.
  3. Berikan pujian kepada anak setiap kali dia mau makan atau telah selesai memakan sayurannya. Buat anak merasa bahwa, ya, makan sayur memang benar dan baik untuk kesehatan!

Semoga kelima teknik ini dapat memandu anda untuk membuat si kecil menyukai sayuran sebagai asupan bergizi bagi proses tumbuh kembangnya.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *