5 Cara Untuk Menghindari Terserang Penyakit Pada Saat Lebaran

5 Cara Untuk Menghindari Terserang Penyakit Pada Saat Lebaran – Idul Fitri atau lebaran merupakan hari raya berbuka bagi kebanyakan orang. Di hari itu seluruh umat muslim secara khusus menikmati makanan sekaligus diharamkan untuk menjalankan puasa.

Untitled

Setelah kita menjalankan shalat ied, tentu kita akan makan di rumah. Kemudian baru dilanjutkan berkunjung menuju rumah sanak saudara kita.

Pastinya di setiap rumah akan ada gulai maupun opor ayam yang siap untuk menanti Anda di meja makan dengan manisnya.

Makan secukupnya

Saat lebaran tiba rasanya pasti ingin melampiaskan nafsu makan. Setelah sebelumnya menahan-nahan diri untuk minum dan makan saat siang hari. Selama 1 bulan penuh usus akan terbiasa tidak bekerja atau melakukan istirahat saat siang hari.

Ketika tiba-tiba saja dalam 1 hari usus dipenuhi dengan aneka jenis makanan, maka fungsinya pasti akan terganggu. Beban kerja yang terlalu berat menjadikan usus tidak mampu mencerna maupun menyerap sari makanan dengan baik.

Mengunyah makanan dengan baik

Kunyah makanan setidaknya 30 hingga 50 kali sebelum ditelan. Mengunyah makanan secara tepat akan sangat membantu usus mencerna makanan.

Dalam air liur terkandung enzim guna membantu mengurai makanan. Proses penguraian pada awal mengunyah akan membantu saluran pencernaan bekerja.

Baca Artikel Lainnya :

Makan sedikit tetapi sering

Pola makan semacam ini diterapkan untuk orang yang sedang menjalankan program penurunan berat badan atau diet.

Makan dengan jumlah sedikit, kemudian jeda beristirahat sejenak dan dilanjutkan makan kembali dengan jumlah sedikit, begitu seterusnya akan meringankan kinerja usus dibandingkan makan makanan dalam jumlah banyak sekaligus.

Menghindari makanan pedas

Mengkonsumsi makanan pedas dengan sifat asam maupun zat asam perlahan menstimulasi pencernaan untuk bergerak jauh lebih cepat.

Sementara terganggunya penyerapan zat-zat makanan kemudian dapat menyebabkan mencret.

Mengkonsumsi makanan lunak

Berbagai makanan lunak layaknya bubur akan lebih mudah untuk diserap dan dicerna. Untuk Anda yang sedang menderita penyakit maupun mengalami gangguan pada saluran pencernaan seperti halnya tipes, memang sangat disarankan untuk mengkonsumsi makan-makanan yang bertekstur lunak. Demikian juga saat Anda baru saja selesai menjalankan puasa.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *