5 Demonstrasi Paling Unik Di Dunia

Demonstrasi atau unjuk rasa umumnya dilakukan sekelompok orang di tempat-tempat umum sebagai bentuk protes yang ditujukan kepada pemerintah maupun kebijakan yang mereka anggap salah.

Aksi di dalam menyampaikan hak suara dengan cara ini bahkan sering menimbulkan keributan hingga berakhir dengan bentrok antara demonstran dan aparat kepolisian.

n 40

Tidak jarang juga para demonstran melakukan aksinya dengan cara-cara yang unik atau bahkan ekstrem agar aspirasi mereka secepat mungkin mendapatkan perhatian. Nah, berikut adalah 5 aksi demonstrasi paling unik yang pernah ada di dunia.

1. Jahit Mulut

Aksi demonstrasi dengan menjahit mulut memang sudah lazim terjadi di negara kita tercinta, Indonesia. Cara unjuk rasa ini umumnya memiliki tujuan untuk menolak kebijakan pemerintah.

seperti misalnya di saat ada kenaikan harga BBM dan semacamnya. Bukan hanya unik, aksi unjuk rasa ini bahkan termasuk dalam kategori ekstrem.

2. Telanjang Dada

Hanya demi untuk mendapatkan pengakuan dalam kesetaraan gender, sejumlah wanita yang ada di New York, Amerika Serikat pernah menggelar aksi demonstrasi dengan bertelanjang dada.

Hal ini dilakukan karena  menurut mereka, pria selama ini selalu mendapatkan perlakukan eksklusif dibandingkan dengan kaum wanita sebab kaum pria sering diizinkan pergi ke tempat-tempat untuk meskipun dengan kondisi bertelanjang dada.

3. Naik Egrang

Mendengarnya saja sudah bisa ditebak aksi demonstrasi darimana ini. Aksi ini dilakukan oleh seorang Yudi Karyono yang kemudian dijuluki “Raja Egrang” pasca melakukan aksi jalan hanya dengan memakai maianan tradisional Indonesia, Egrang.

Perjalanan yang ditempuhnya mulai dari Yogyakarta hingga Jakarta hanya untuk menemui Presiden Joko Widodo. Tujuan Yudi tersebut adalah meminta presiden bersedia mengangkat Egrang sebagai bagian dari cabang olahraga nasional.

4. Flash Mob

Flash Mob adalah bentuk aksi massa dengan melibatkan banyak orang. Massa yang terlihat tidak saling mengenal tiba-tiba menari dan melakukan hal-hal konyol kemudian berteriak kurang lebih selama 30 detik. Sebelum polisi datang mereka sudah membubarkan diri.

Baca Artikel Lainnya :

5. Dikerubungi Lebah

Ahn Sang-gyu, petani lebah Korea Selatan melakukan demo dengan badan yang dikerubungi ratusan ribu lebah. Tujuan demo yang dilakukannya adalah memprotes Jepang yang mengklaim Batu Lianchourt milik Korea Selatan.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *