5 Faktor dalam Proses Pembentukan Tanah

5 faktor utama dalam proses pembentukan tanah adalah iklim, bahan induk, makhluk hidup, topografi, dan waktu. Berikut penjelasan secara detailnya.

l 92

  • Iklim

Iklim adalah salah satu faktor dominan dalam proses pembentukan tanah. Terutama, unsur dalam iklim yaitu kelembapan dan presipitasi sangat berpengaruh dalam pembentukan tanah.

Contohnya saja, daerah yang beriklim lembab banyak terdapat tanah yang bersifat asam karena adanya proses pelapukan secara intensif dan pencucian unsur-unsur yang bersifat basa seperti kalium, magnesium, natrium, dan kalsium.

Adanya perubahan suhu harian dan musiman dapat memengaruhi tingkat kelembapa, laju reaksi, aktifitas biologi dan tipe vegetasi. Iklim berpengaruh secara langsung terhadap pembentukan tanah melalui tingkat curah hujan dan suhu.

Juga secara tidak langsung melalui pengaruhnya atas relief (bentuk permukaan lahan), vegetasi atau organisme, dan hubungan antara air dan tanah.

  • Bahan induk

Secara umum, bahan induk penyusun tanah berasal dari pelapukan batuan. Bahan induk ini dapat dibedakan berdasarkan beberapa aspek seperti tingkat pelapukan, ukuran partikel penyusunnya, dan kandungan unsur hara yang dimiliki.

Bahan induk juga merupakan faktor penentu sifat tanah. Misalnya, tanah yang memiliki sifat berpasir berasal dari hasil pelapukan batu pasir.

Agen Poker

Sifat bahan induk yang mempunyai pengaruh dominan pada perkembangan tanah antara lain komposisi mineral, tekstur, dan tingkat stratifikasi bahan induk itu sendiri.

  • Makhluk hidup

Aktifitas hewan, tumbuhan, dan pengurai turut serta dalam memengaruhi perkembangan tanah. Contohnya, mikroorganisme pengurai juga membantu dalam proses pembentukan tanah dengan melarutkan mineral dan menguraikan materi organik.

kondisi pelapisan tanah dipengaruhi oleh hewan-hewan penggali lubang yang hidup dalam tanah.

Aktivitas manusia juga memengaruhi pembentukan tanah, sebagai contoh pembukaan hutan untuk keperluan bidang pertanian dapat menghilangkan unsur-unsur humus dalam tanah.

  • Topografi

Topografi memengaruhi proses pembentukan dan perkembangan tanah. Hal ini terkait dengan ketersediaan air dan tingkat suhu. Misalnya, tanah yang berada pada wilayah lereng curam memiliki lapisan atas yang lebih tipis karena lapisannya banyak terbawa oleh air.

Baca Artikel Lainnya :

Waktu menjadi salah satu faktor dominan dalam proses pembentukan dan perkembangan tanah. Dalam kondisi ideal, pada umumnya lapisan tanah terbentuk dalam kurun waktu sekitar 200 tahun lamanya.

Tanah yang sangat tua (berumur 500 juta tahun) terbentuk dari lapukan batuan granit dan basalt. Jenis tanah ini dapat ditemui di Australia dan Afrika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *