5 Kota Paling Ramah Lingkungan Di Dunia

Perubahan iklim memang hal baru yang sedang diperdebatkan saat ini. Guna menjaga kelangsungan bumi, pengusahaan penggunaan energi dan penghijauan telah diupayakan.

Bahkan beberapa kota dunia sudah menjadikan kota mereka sebagai kawasan hijau dengan energi murni dari alam. Seperti 5 kota paling ramah lingkungan di bawah ini.

o 100

1. Vancouver, Canada

Kota yang satu ini memang sudah berbenah sejak dahulu. Sekitar 90% kebutuhan listrik untuk Vancouver bahkan dipasok dari hydroelectric. Matahari, angin, tidal dan gelombang energi sudah digunakan secara lebih luas dengan tujuan menjaga kelestarian lingkungan yang ada.

2. Malmo, Swedia

Ini merupakan salah satu kota internasional dengan fokus ruang hijau. Sudah sangat dikenal dunia dari taman hijaunya, namun termasuk perkembangan kota secara berkelanjutan. Malmo juga termasuk salah satu kota terbesar Swedia yang benar-benar hadir sebagai kota indah.

Malmo sudah mengubah seluruh lingkungannya menjadi kawasan ramah lingkungan. Di sini Anda bissa menemukan banyak penduduk yang bersepeda karena banyak dibangun jalanan khusus bagi pengguna sepeda.

3. Curitiba, Brazil

Curitiba merupakan sebuah kota yang berada di bagian selatan Brasil, sekaligus menjadi ibukota negara bagian Parana atau estado sejak 1854. Curitiba didirikan pada tahun 1654 sebagai kamp pertambangan emas dengan populasi sekitar 1,8 juta jiwa pada 2007 silam.

Hingga kini Curitiba banyak memiliki ruang hijau layaknya taman maupun kebun botani yang indah seperti Bosque de Portugal, Bosque Alemao dan Bosque Italiano serta masih banyak lagi. Secara khusus kota ini lebih difokuskan untuk menjadi kota yang paling hijau.

4. Portland Oregon, USA

Kota yang menjadi markas team NBA Portland Blazzers ini sejatinya sedang giat-giatnya berbenah dalam rangka menyambut dunia baru yang dipenuhi dengan warna hijau. Tentu saja kawasan yang sehat untuk ditinggali.

Baca Artikel Lainnya :

5. Reykjavik, Islandia

Islandia merupakan sebuah negara yang sangat dekat dengan kutub utara. Negara ini sudah sejak lama menggunakan pola hijau untuk penataan kotanya. Dimana 100% pasokan listrik yang digunakan didapat dari hydroelectricity maupun panas bumi. Bahkan untuk sistem transportasi juga tergolong sangat hijau memanfaatkan bus hydrogen.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *