5 Kota Tercemar Di Dunia

Meningkatnya penggunaan kendaraan maupun perluasan industrialisasi adalah faktor utama 5 kota yang ada di bawah ini masuk ke dalam daftar kota paling tercemar di dunia menurut WHO.

m 63

1. Chernobly, Ukraina

Setelah terjadinya krisis nuklir di pembangkit listrik Chernobly pada tahun 1986 menjadikan kota yang satu ini nyaris layaknya kota hantu tidak layak huni. Bencana nuklir yang terjadi membuat seluruh kota tercemar radiasi berbahaya yang bisa merenggut nyawa dalam sekejap.

2. Dzerzhinsk, Rusia

Kota yang menjadi pusat dari industri produksi kimia di Rusia ini sudah beroperasi lebih dari 50 tahun saat era Uni Soviet. Diperkirakan 300.000 ton limbah beracun tidak ditangani dengan benar yang menjadi penyabab rusak dan tercemarnya lingkungan sekitar.

Beberapa zat berbahaya sejenis dioxin ditemukan dalam pasokan air yang mengakibatkan munculnya sejumlah penyakit seperti paru-paru, kanker mata maupun ginjal banyak ditemukan di kota ini.

3. Linfen, China

Sejumlah orang menyatakan bahwa Linfen sekarang ini telah berkembang menjadi pusat dari tambang batubara tanpa diimbangi perlindungan lingkungan. Sebagai akibat yang disebabkan oleh batubara tentu tebalnya polusi yang ada di kota ini.

Bahkan menjemur pakaian di luar rumah hanya dalam beberapa jam atau menit saja sudah langsung berubah warna menjadi hitam.

4. Kabwe, Zambia

Pada tahun 1902 pernah ditemukan timah di Kabwe yang kemudian membuat kota ini lebih dikenal oleh dunia sebagai penghasil timah paling besar kedua di dunia. Perkembangan tambang timah menjadikan banyaknya gas beracun berbahaya.

Polusi yang juga terjadi akibat pembangunan di kota ini bahkan bisa tercium hingga radius 20 mil dari kawasan pertambangan. Sebagai akibatnya anak-anak banyak yang terkena penyakit akibat menghirup udara yang telah terkontaminasi gas beracun.

Baca Artikel Lainnya :

5. Tianying, China

Kota di provinsi Anhui ini menjadi pusat timah negeri tirai bambu sejak lama. Asap pabrik-pabrik dari kota ini memang sangat berbahaya karena mengandung timah.

Ditambah lagi dengan teknologi yang digunakan untuk memproses produksi sangatlah tidak ramah lingkungan. Meskipun konon pabrik telah ditutup.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *