5 Makanan Berikut dapat Manghambat Kecerdasan Anda

Makanan sebagai salah satu sumber energi utama tubuh bagaikan sebuah mata uang yang masing-masing sisinya memiliki perbedaan atau berlainan. Makanan yang kita konsumsi dapat berdampak baik bagi tubuh kita. Namun juga dapat berdampak buruk juga.

Berikut ini merupakan 5 makanan yang dapat menghambat kecerdasan Anda, perlahan tapi pasti.

1. Junk Food

l 93

Junk Food atau dikenal juga dengan makanan sampah merupakan salah satu makanan yang berpengaruh terhadap kerja otak—bahkan dapat menurunkan atau menghambat kecerdasan seseorang.

Berdasarkan penelitian Universitas of Montreal, Kanada, para peneliti menemukan sesuatu yang menakjudkan, bahwa junk food dapat mengubah susunan atau formasi kimia yang sudah tertata rapi di otak sehingga mengakibatkan penggemarnya merasa depresi dan gelisah.

Penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi junk food mengalami gejala kemunduran setelah berhenti mengkonsumsinya.

Diketahui juga, bahwa junk food ternyata memengaruhi produksi dopamin yang berpengaruh dalam emosi kebahagiaan dan perasaan baik lainnya. Selain dopamin, juga fungsi kognitif seperti memori, daya tangkap, motivasi, dan kemampuan belajar seseorang akan terganggu oleh junk food ini.

2. Makanan dengan kadar garam tinggi

l 94

Makanan berkadar garam yang terlalu tinggi dapat meningkatkan risiko hipertensi. Efek yang ditimbulkan dari memakan makanan yang banyak mengandung natrium atau sodium mirip seperti narkoba. Ini akan menimbulkan Anda tidak berhenti makan bahkan ketagihan.

Padahal, konsumsi natrium atau sodium terlalu banyak dapat menurunkan kemampuan berpikir dan fungsi kognitif lainnya.

3. Grains atau padi-padian

l 95

Seperti yang Anda ketahui bahwa semua jenis padi-padian adalah sumber karbohidrat tinggi. Ternyata padi-padian ini mempengaruhi fungsi dan kondisi otak secara umum.

Tidak semua jenis padi dapat berpengaruh buruk terhadap kesehatan otak, khususnya whole grains yaitu jenis padi dengan kandungan 100% biji utuh.

Masalahnya, yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat bukan 100% biji utuh. Misalnya, tepung dan nasi yang berasal dari endosperm atau bagian lembaga padi.

Apa efeknya kalau Anda secara terus-menerus mengkonsumsi padi yang bukan 100% biji utuh ini? Otak akan lebih sering kehilangan memorinya dalam menyimpan data, dan tubuh juga lebih cepat menua.

Karena itu, disarankan Anda mengganti menu makanan Anda dengan produk 100% biji utuh atau dengan sumber karbohidrat kompleks lainnya.

4. Lemak Trans / lemak jenuh

l 96

Anda tahu sendiri bahwa lemak trans dikenal sebagai pemicu kenaikan kolesterol jahat, obesitas, hingga akhirnya penyakit jantung.

Studi ilmiah juga membuktikan bahwa kadar lemak trans membuat otak lebih lamban dalam berpikir dan melakukan kegiatannya sehingga dapat memengaruhi kualitas dan refleks otak.

Lemak trans yang dikonsumsi dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan penyusutan otak dan membahayakan arteri jantung. Oleh karena itu, sebaiknya segera batasi konsumsi dari sumber lemak trans seperti donat, pie, pastry, gorengan, margarin, cracker, dan kue.

5. Makanan Olahan

l 97

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan olahan secara berkelanjutan dapat menyebabkan penurunan mental seiring dengan bertambahnya usia.

Kandungan berbahaya jika dikonsumsi secara berkelanjutan dalam makanan olahan seperti pengawet, perasa dan pewarna buatan, dan lemak jenuh-nya akan menyebabkan ketidakmampuan untuk fokus dan penurunan fungsi otak lainnya.

Baca Artikel Lainnya :

Beberapa ilmuwan dari University of Bristol membuktikan bahaya efek negatif yang ditimbulkan oleh makanan olahan terhadap tingkat kecerdasan (IQ) anak-anak dan sistem kekebalan tubuhnya.

Penelitian membuktikan kecerdasan anak-anak cenderung menurun, begitu pula dengan sistem kekebalan tubuhnya, mereka menjadi lebih rentan terhadap infeksi. Anak-anak tersebut juga ternyata mengalami masalah perkembangan dan pertumbuhan tubuhnya.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *