5 Makanan Ini Bisa Membuat Anak Obesitas

5 Makanan Ini Bisa Membuat Anak Obesitas – Anak kecil yang gendut mungkin akan membuat anda gemas karena kelucuanya. Namun para orang tua harus tau bahwa dibalik anak gendut yang lucu, ada bahaya yang mengancam dimasa depannya kelak. Seperti penyakit jantung,stroke,dan diabetes.

Untitled

Menurut penelitian Duke National University of Singapore, ternyata makanan bukan penyebab satu-satunya dari masalah obesitas pada anak. Disisi lain, para peneliti di Inggris menganalisis 4000 anak dari usia 7-13 tahun mulai dari makanannya, Indeks massa tubuh, dan aktifitas fisik ternyata makananlah yang berkontribusi besar terhadap obesitas pada anak. Berikut ini makanan yang bisa membuat anak obesitas.

  1. Keripik kentang

Siapa sih yang tidak suka keripik kentang? Makanan yang asin dan gurih ini memang digandrungi berbagai kalangan. Salah satunya anak-anak. Namun yang perlu anda ketahui bahwa kalori dalam keripik kentang adalah 347-564 kalori per 100 gramnya. Walaupun mengandung tinggi kalori, keripik kentang sulit membuat anak merasa kenyang dan malah membuat anak untuk makan lagi dan lagi.

  1. Fastfood

Coba amati tempat makan cepat saji di kota anda. Pasti banyak terdapat anak-anak yang berada disana. Ini membuktikan bahwa fastfood sangat digandrungi oleh anak-anak. Fastfood yang paling laris adalah ayam goreng, burger, kentang, dan hotdog.

Semua makanan fasfood itu mengandung banyak lemak dan kadar minyak. Sehingga semakin sering anak makan makanan fastfood,semakin cepat pula obesitas itu terjadi pada anak.

  1. Permen atau makanan manis

Gulali,lollipop,popcorn,permen,hmm.. siapa sih yang tak mau? Makanan yang manis-manis memang sudah melekat dengan citra anak-anak. Anak-anak akan suka bila diberi hadiah berupa permen manis.

Tapi tahukah anda, bahwa makanan manis bisa menyebabkan obesitas sama seperti fastfood? Kandungan kalori dan gula yang tinggi dalam makanan manis bisa memicu obesitas bahkan masalah gigi berlubang.

  1. Minuman soda

Minuman soda memang sangat nikmat bila diminum disiang hari yang panas. Tapi mulai sekarang waspadalah! Minuman soda mampu membuat berat badan anda naik drastic.Begitu juga pada anak. Anak yang sering minum soda harus berhati-hati karena berbagai penyakit bisa mengancam salah satunya obesitas.

  1. Sereal

Sereal mungkin menjadi andalan orang tua dirumah karena tak punya banyak waktu untuk memasak. Tapi ternyata,terlalu sering mengkonsumsi sereal juga mampu menyebabkan obesitas pada anak. Didalam sereal itu terkandung banyak gula, pemanis, dan pewarna. Selain itu,sereal juga tak bisa membuat anak kenyang dalam waktu lama sehingga memicunya untuk makan lebih banyak lagi.

Itulah 5 makanan yang bisa membuat obesitas pada anak. Berikanlah anak-anak makanan bergizi dan kaya vitamin untuk mendukung pertumbuhanya. Semoga bermanfaat.

Baca Artikel lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *