5 Makanan Khas Solo yang Paling Terkenal

Solo merupakan sebuah kota di Jawa tengah yang masih kental kebudayaan Jawanya , tidak tergerus dengan perkembangan jaman. Tak heran jika waktu liburan tiba, banyak wisatawan lokal dan asing yang berkunjung ke Kota Solo. Banyak tempat wisata di Solo yang paling terkenal adalah Keraton Solo yang masih sangat terawat dengan baik.

fu 98

Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan tradisional yang berbeda-beda. Ciri khas dari makanan tradisional Solo adalah  rasa manis pada setiap makanannya. Apa saja makanan khas Solo yang paling terkenal?  Berikut ini adalah 5 makanan tradisional khas Solo yang paling populer.

1. Serabi

Serabi adalah jajanan khas solo yang terbuat dari tepung beras yang diolah dengan santan. Serabi dimasak tanpa menggunakan minyak dan dimasak diatas wajan kecil yang terbuat dari tanah liat denganmenggunakan api dari arang. Cara masak yang masih tradisional ini yang membuat cita rasa serabi solo berbeda dengan yang lain.

Biasanya, serabi disajikan dengan beragam toping diantaranya nagka, coklat, keju, susu, kelapa dan lain sebagainya. Harga dari serabi pun sangat murah berkisar dari Rp. 2.000 – Rp. 5000 tergantung topingnya.  Jika anda berkunjung ke Solo anda wajib mencicipi serabi yang banyak dijual di sekitaran jalan. Tidak sah rasanya kalau ke Solo tapi belum mencicipi kue tradional Solo yaitu serabi.

2. Nasi Liwet

Nasi Liwet adalah makanan berat khas Solo yang terdiri dari nasi dengan lauk pauk terdiri dari telor, irisan ayam, sayur labu siam, tempe,tahu dan dicampur dengan kuah santan yang sangat gurih dan lezat. Nasi liwet disajikan dengan daun pisang yang menambah cita rasa dari Nasi Liwet ini sendiri. Makanan ini biasanya disantap oleh masyarakat Solo di pagi hari sebagai menu sarapan.

Anda bisa dengan mudah menemukan pedagang nasi liwet di Solo, terutama di pagi hari. Biasanya di sekitar pasar klewer banyak pedagang yang menjual nasi Liwet. Harga Nasi Liwet yang murah meriah membuat wisatawan lokal maupun asing semakin tertarik untuk mencicipi gurihnya kuliner khas Solo ini.

3. Timlo

Timlo adalah makanan khas Solo berikutnya yang merupakan sejenis sup yang berisi potongan telur rebus, irisan daging ayam  atau sapi, kembang tahu,dan potongan wortel. Timlo sangat cocok dikonsumsi untuk makan siang apalagi jika cuaca dingin, timlo mampu menghangatkan tubuh anda.

Jika anda ingin mencicipi timlo, anda bisa menemukannya di sekitar Pasar Gede.

4. Tengkleng

Tengkleng adalah sejenis gulai kambing namun berbeda. Jika gulai kambing kebanyakan berkuah kental, Tengkleng memiliki kuah yang encer. Kuahnya yang gurih membuat banyak masyarakat yang mengantri untuk dapat mencicipi cita rasa Tengkleng.

Tengkleng biasanya dikonsumsi menggumakan nasi panas yang disajikan diatas daun kelapa.  Jika anda ingin mencicipi Tengkleng, anda bisa mengunjungi Pasar Klewer. Tapi siap-siap mengantri ya, karena pada jam makan siang terutama, pembeli Tengkleng sangat ramai.

5. Selat Solo

Selat Solo adalah sejenis steak daging atau ayam  khas kota Solo. Yang membuat beda dengan steak khas amerika adalah, selat solo disajikan dengan potongan telur rebus, sayur-sayuran seperti timun,wortel, buncis, kentang, selada dan irisan bawang merah serta kerupuk kentang disiram dengang kuah  lezat berwarna kecoklatan yang bercita rasa manis. Jika kuah steak kebanyakan adalah kental, berbeda dengan kuah Selat Solo yang tidak begitu kental. Jika anda ingin mencicipi kuliner ini, adna bisa datang ke jalan Hassanudin, Solo.

6. Sate Buntel

Sate Buntel berbeda dengan sate lainnya, karena sate buntel dibuat dari campuran daging kambing yang sudah dicincang dan dibalut dengan lemak lalu di tusuk menggunakan tusuk bambu dan dibakar dengan bumbu khas Solo. Jika anda yang suka dengan hidangan kambing, maka anda wajib mencicipi kuliner khas Solo ini. Sate Buntel banyak di jual pada malam hari di sepanjang jalan di Kota Solo.

Itulah beberapa makanan tradisional khas Solo, jika anda mengunjungi Kota Solo jangan lupa untuk mencicipi kuliner-kuliner tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *