5 Makanan Sehat Untuk Penderita Kanker

5 Makanan Sehat Untuk Penderita Kanker – Diet bernutrisi tinggi selama penyembuhan kanker melibatkan banyak buah dan sayuran, biji-bijian dan protein, serta sedikit sekali makanan berlemak dan bergula.

1

Walaupun banyak makanan sehat yang baik bagi penderita kanker, beberapa makanan tentu lebih baik dari lainnya. Nah, di bawah ini adalah daftar makanan sehat untuk penderita kanker yang berguna mempercepat penyembuhan, baik setelah kemo, radiasi maupun operasi :

  1. Telur

Telur adalah sumber penting vitamin-vitamin B, ditambah juga kandungan 7 gram protein setiap butirnya. Kandungan tersebut sedara dengan yang terdapar pada daing sapi, ikan-ikanan, ayam dan keju. Bahkan, studi terbaru menunjukkan bahwa selenium telur bisa membantu mengurnangi efek samping dari kemoterapi.

Dalam studi yang diterbitkan oleh Gynecologic Oncology, wanita yang menjalani perawatan kanker ovarium dan diberikan suplemen selenium ternyata memiliki aktivitas antioksidan lebih tinggi pada darahnya serta jumlah sel darah putih yang membantu memerangi infeksi. Wanita-wanita tersebut juga mengalami lebih sedikit sakit perut, pusing, nyeri mulut, rambut rontok dan hilangnya nafsu makan.

Selain itu, kuning telur juga kaya akan vitamin D dan E. Vitamin E dipercaya bisa membantu melindungi tubuh dari racun-racun keras dari obat-obatan kanker. Toksin dari kemoterapi mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Vitamin E juga bisa membantu memitigasi neuropati perieral, sebuah kondisi yang menyebabkan mati rasa pada tangan dan kaki yang umumnya dialami selama perawatan kemo.

  1. Jahe

Jahe adalah obat keluarga terkenal untuk menyembuhkan mual atau masalah perut. Namun studi klinis juga menyebutkan bahwa jahe mungkin memiliki properti anti peradangan selain bisa membantu melawan efek sambing pusing dan muntah dari kemoterapi.

Sebuah studi yang didanai National Cancer Institute menunjukkan bahwa ketika dikonsumsi secara oral dan ditambahkan ke pengobatan konvensional anti-muntah dan anti-pusing, suplemen jahe bisa mengurangi efek samping dari kemoterapi tersebut hingga 40 persen. Hebatnya, tidak ada efek samping tambahandari konsumsi jahe ini.

  1. Kedelai

Genistein adalah sebuah molekul yang bersifat racun terhadap sejumlah sel kanker. Molekul ini juga ditemukan di kedelai, tepung kedelai, isolat protein kedelai serta beberapa suplemen makanan. Ketika dikonsumsi untuk melengkapi kemoterapi, isoflavon kedelai seperti genistein membuat kemoterapi lebih efisien dan bekerja lebih cepat dengan membantu obat-obatan membunuh sel-sel tumor atau menghentikan sel-sel tumor ini membelah. Pada kanker payudara, genistein terbukti mengurangi tumor dengan memblokir efek penyebab kanker dari estrogen. Namun pada studi lain, tumor payudara yang bergantung pada estrogen nampak meningkat.

Penting untuk diingat, bicarakanlah pada dokter Anda. Tergantung pada kanker jenis apa yang Anda sembuhkan saat ini, paling baik adalah mendiskusikan pola makan kedelai Anda dengan dokter ahli sebelumnya. Karena ada penemuan kontradiktif mengenai manfaatnya.

  1. Yogurt

Yogurt kaya dengan probiotik, bakteri baik yang mirip dengan yang biasa hidup di usus kita. Probiotik menjadi populer karena mereka diperkirakan bisa membantu menciptakan keseimbangan pada usus, dari menghalangi infeksi vagina hinga membantu mengembalikan fungsi isi perut menjadi normal (mencegah diare dan konstipasi).

Banyak orang menggunakan suplemen probiotik ketika mengkonsumsi antibiotik, namun ternyata pasien kanker juga bisa memperoleh manfaat dari organisme baik hati ini. Probiotik efektif mencegah dan membuat efek diare dan hilangnya berat badan berkurang, termasuk yang merupakan efek samping dari kemoterapi pada kanker kolon dan rektum.

  1. Sayur Mayur

Sayuran hijau dan berdaun seperti bayam dan selada merupakan sumber penting vitamin A,E, K serta zat besi. Zat besi penting bagi sel darah merah kita, yang bertanggung jawab membuat hemoglobin membawa oksigen ke jaringan di seluruh tubuh kita. Sayuran hijau ini ternyata juga memiliki kandungan nutrisi pelawan kanker seperti beta-karoten, lutein, serta folat yang bisa membantu menghalangi beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, serviks dan paru-paru, agar tidak berkembang.
Namun ternyata, tidak hanya sayuran hijau yang baik bagi kesehatan. Sayur lain seperti brokoli dan kol juga punya kemampuan menghentikan sel-sel kanker tumbuh.

Itulah beberapa makanan sehat untuk penderita kanker. Mengkonsumsi makanan-makanan tersebut pada tahap terapi bukan hanya membuat efek samping terapi menjadi minim, namun juga bisa mempercepat penyembuhan.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “5 Makanan Sehat Untuk Penderita Kanker

  1. Pingback: Mitos-mitos Tentang Kanker Payudara | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *