5 Manfaat menangis Untuk Kesehatan

Menurut karakter lucu Baymax dalam film big hero besutan Disney ‘Menangis adalah hal biasa. Tangisan adalah respon alami dari kesakitan’.

g 9

Akan tetapi banyak orang berpendapat bahwa orang yang mudah menangis adalah orang yang lemah. Padahal sebenarnya anggapan tersebut salah, bahkan seorang lelaki yang menyeramkan juga bisa menangis.

Bahkan faktanya airmata ternyata banyak memberikan manfaat untuk kesehatan Anda. Apa saja? Yuk simak terus ya.

Berikut adalah bebebrapa manfaat dari menangis untuk kesehatan:

1. Melepas stress

Salah satu manfaat dari menangis untuk kesehatan adalah dapat melepaskan stress. Daripada Anda menahan untuk tidak menangis, lebih baik biarkan saja emosi Anda untuk mengeluarkan air mata Anda.

Karena menangis dapat membantu mengeluarkan frustasi dan stress yang ada di dalam tubuh Anda. Menangis merupakan salah satu obat yang ampuh sebagai penangkal stress. Jika Anda malu untuk menangis didepan umum, maka Anda bisa mencari tempat yang tenang dan menyendiri untuk menangis sementara waktu.

2. Meningkatkan mood

Selain itu manfaat menangis lainnya yaitu dapat meningkatkan mood. Tentu setelah menangis Anda pasti sering merasa lega dan merasa menjadi lebih baik. Bila Anda menangis karena memiliki hari atau perasaan yang buruk, maka menangis dapat meningkatkan mood Anda menjadi lebih baik.

Airata juga dapat menghilangkan sakit dan stress dari tubuh Anda. Jadi menangislah bila memang Anda ingin menangis dan jangan pernah menahannya.

3. Membersihkan mata

Sebenarnya fungsi dari air mata yang seseungguhnya adalah menjaga agar mata tidak sampai kering sehingga akan menjaga kornea dan lensa dari kerusakan. Tidak hanya dapat membantu menjaga penglihatan Anda menjdi lebih baik, akan tetapi airmata juga dapat emmbantu menghilangkan kotoran dari mata Anda.

Tidak hanya itu saja, air mata juga dapat menghilangkan racun pada mata dan membunuh bakteri yang masuk ke mata Anda. Jadi, bila Anda menangis baik senang ataupun karena sedih, dengan langsung Anda juga telah membuat mata Anda menjadi jauh lebih sehat.

4. Menurunkan kadar mangan

Menangis juga dapat menurunkan kadar mineral mangan. Karena terlalu banyak mineral mangan di dalam tubuh Anda dapat menjadikan mood Anda berantakan. Karena itulah menangis dapat menjaga mood tetap stabil.

Baca Artikel Lainnya :

5. Menurunkan hipertensi

Saat Anda menangis secara langsung Anda juga telah menghilangkan tekanan pada tubuh Anda dan juga menghilangkan garam tubuh. Keduanya tingkat stress dan garam yang berebihan dapat menyebabkan tekanan darah Anda meningkat.

Jadi bila Anda mempunyai masalah dengan tekanan darah Anda, maka Anda bisa menangis di saat stress. Dengan menangis maka Anda telah mencegah tekanan Anda darah naik yang dapat berakibat fatal pada kesehatan Anda.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *