5 Manfaat Utama Air Lemon

Banyak orang menyukai rasa air lemon yang sangat menyegarkan. Rasa asam yang menyejukkan ini memiliki banyak kandungan alami yang kaya akan vitamin dan nutrisi.

2

Selain digunakan untuk kuliner, manfaat air lemon juga digunakan untuk pengobatan yang telah dikenal selama berabad-abad lamanya.

Buah yang kaya akan Vitamin C ini juga mengandung asam sitrat, vitamin B, riboflavin, bioflavonoids, pectin, limonene, dan mineral seperti kalsium, magnesium, fosfor, serta protein seperti protein dan karbohidrat. Banyak sekali bukan! Untuk itu, berikut adalah 5 manfaat utama air lemon bagi kesehatan.

  1. Menurunkan Berat Badan

Air lemon hangat dipercaya sebagai minuman yang berkhasiat dalam menurunkan berat badan lebih cepat.

Minuman ini dapat memperlancar system metabolism tubuh sehingga sangat baik untuk dikonsumsi. Serat pektin yang dikandung lemon bermanfaat pula untuk mengurangi rasa lapar.

  1. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Air lemon yang sarat akan kalium sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah jantung.

Hal ini akan sangat berguna untuk membantu memberikan relaksasi pada pikiran dan tubuh, mengontrol tekanan darah tinggi, mual, dan juga pusing. Oleh karenanya, stress maupun depresi berlebih juga dapat dikurangi.

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Tidak hanya untuk menurunkan berat badan, campuran air lemon hangat juga bermanfaat bagi sistem pencernaan.

Masalah pencernaan (mulas, mual, perut kembung, sendawa, sembelit, etc.) dapat diatasi dan air lemon juga merangsang saluran pencernaan.

  1. Mengobati penyakit

Tidak dapat dipungkiri lagi jika air lemon kaya akan manfaat yang dapat mengobati beberapa penyakit, diantaranya:

  • Flu dan Batuk

Stress yang berlebih & makanan dan gaya hidup tidak sehat, menimbulkan lingkungan asam dalam tubuh tempat bakteri dan virus penyebab gejala flu dan batuk berkembang. Campuran air lemon hangat dan dua sendok teh madu dapat menghancurkan virus-virus tersebut.

  • Rematik

Lemon juga memiliki fungsi sebagai diuretik, sehingga dapat mengobati rematik dan radang sendi. Air lemon membantu meluruhkan bakteri dan racun sehingga dapat keluar dari tubuh.

  • Infeksi tenggorokan

Anti-bakteri yang dikandung lemon dapat memerangi masalah yang berkaitan dengan infeksi tenggorokan, sakit tenggorokan, dan amandel. Campurkan perasan air lemon dengan air, dan gunakan untuk berkumur sesuai kebutuhan.

  • Gangguan pernafasan

Air lemon juga jeruk nipis dapat membantu penyembuhan masalah pernafasan, seperti asma, alergi, dan masalah lainnya.

  • Baik untuk Perawatan Kulit

Mengkonsumsi lemon secara rutin setiap hari-nya dapat membantu merawat kesehatan kulit. Sebagai obat antiseptic alami yang kaya akan antioksidan, lemon dapat mengurangi radikal bebas sehingga mencegah terjadinya penuaan dini.

Vitamin C yang terkandung juga berguna untuk meningkatkan kecantikan dengan meremajakan kulit.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *