5 Manfaat yang Kamu Dapatkan dari Blog

5 Manfaat yang Kamu Dapatkan dari Blog – Membuat dan mengelola blog itu tidak sekadar iseng atau main-main. Diperlukan ketekunan dan keseriusan agar kita benar-benar bisa mendapatkan manfaat dari mengelola blog.

Banyak lho orang-orang yang sukses berawal dari mengelola blog. Dari Raditya Dika, Shitlicious, Amrazing, Diana Rikasari, Ndoro Kakung, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya, apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari ngeblog?

Berbagi Pengalaman

Melalui blog kita bisa mengekspresikan diri kita melalui konten-konten yang kita buat. Kita bisa mengekspresikan pemikiran dan opini kita tentang suatu topik, dari topik ekonomi, politik, gaya hidup, sampai travel. Untuk blog saya sendiri kebanyakan berisi tentang kisah-kisah perjalanan yang saya lakukan. Dari bagaimana pengalaman membeli souvenir di Borobudur hingga pengalaman menginap di Hotel Novotel Semarang.

Meningkatkan Kemampuan Menulis

Karena konten blog kebanyakan berisi artikel, secara tidak langsung kita mengasah kemampuan menulis. Walaupun isi artikel tentang pengalaman pribadi, tentu kita harus menuliskannya ke dalam bahasa yang dimengerti orang banyak. Selain agar orang-orang paham mengenai cerita kita, kualitas tulisan menggambarkan kualitas blog. Kalau blog diisi dengan artikel yang ditulis acak-acakan, tentu orang akan ragu dengan kita bukan?

Menghasilkan Uang

Blog bisa menghasilkan uang? Iya, kita bisa menghasilkan uang dari blog. Tapi tentu saja kita tidak langsung menghasilkan uang tepat setelah membuat blog. Kita perlu membangun blog tersebut dengan konsisten mengunggah konten berkualitas yang bisa mendatangkan banyak visitor. Setelah mendatangkan banyak visitor, kita bisa mendapatkan uang dari iklan AdSense Google. Selain dari iklan, kita juga bisa mendapatkan uang dari endorse produk.

Membantu Orang Lain

Dengan berbagi pengalaman yang kita alami, secara tidak langsung kita membantu pembaca kita memecahkan masalah yang mereka miliki. Misalnya, ketika orang-orang sedang ingin mencari oleh-oleh yang bagus dari Magelang, mereka bisa mendapatkan informasi tentang cinderamata dari artikel yang saya tulis. Selain membantu orang yang mencari oleh-oleh, saya pun juga secara tidak langsung membantu pemilik usaha cinderamata tersebut.

Belajar Skill Baru

Selain bisa dijadikan kesempatan untuk belajar menulis, aktivitas blogging juga membuat kita untuk belajar hal-hal teknis dalam blogging seperti bagaimana mengoperasikan Blogspot atau WordPress. Selain itu, kita juga dituntut untuk mempelajari Search Engine Optimization (SEO) agar artikel yang kita tulis muncul di hasil pencarian Google.

Kesimpulan

Menjadi blogger dapat dilakukan oleh siapa saja, asal memiliki tekad dan kemauan yang kuat. Kamu bisa membuat blog dengan topik travel, fashion, pendidikan, ekonomi, ataupun otomotif.

Tidak perlu khawatir untuk masalah teknis seperti bagaimana mengoperasikan Blogspot, WordPress, ataupun SEO. Hal-hal teknis tersebut bisa dipelajari sambil jalan. Hal yang terpenting adalah kita bertekad kuat dan konsisten untuk belajar mengelola blog yang baik.

Jika blog kamu sudah mendatangkan banyak visitor dan layanan blog gratis seperti Blogspot dan WordPress tidak mampu menampung trafik, kamu bisa memindahkan hostingnya ke self hosting.

Kamu bisa menggunakan shared hosting dari Niagahoster, penyedia hosting Indonesia terbaik yang sudah beroperasi sejak tahun 2013. Terlebih lagi, kalau kamu beli hosting di Niagahoster, kamu juga akan mendapatkan domain gratis selamanya. Jadi kamu bisa punya blog dengan domain sendiri!

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *