5 Nama Lain Indonesia Zaman Dulu

Sebelum bangsa ini menggunakan nama “Indonesia”, ternyata di masa lalu ada banyak nama lainnya yang dimiliki oleh bangsa kita dan banyak dikenal oleh orang-orang bangsa lain. Berikut adalah 5 nama lain Indonesia di zaman dahulu.

k 115

1. Hindia

Hindia adalah sebuah nama yang diciptakan oleh Herodotus, ahli ilmu sejarah berkebangsaan Yunani (484-425 SM) yang juga dikenal sebagai Bapak Ilmu Sejarah.

Nama Hindia baru digunakan sebagai nama kepulauan ini oleh ahli ilmu bumi ternama, Ptolomeus yang kemudian nama Hindia populer setelah bangsa Portugis yang berada di bawah Vasco da Gama menemukan kepulauan ini saat menyusuri Sungai Indus (1498 M).

2. Nederlandsch Oost-Indie

Ini sebuah nama yang diberikan penjajah Belanda setelah berkuasa di bumi pertiwi. Nama ini kemudian ditukar dengan “Nederansch Indie”. Cornelis de Houtman adalah pemimpin Belanda saat pertama datang ke Indonesia tahun 1596.

3. Insulinde

Eduard Douwes Dekker atau Multatuli adalah sosok pemberi nama ini melalui bukunya Max Havelaar di tahun 1860. Nama ini kemudian dipopulerkan Professor P.J. Veth. Multatuli konon membuat nama baru ini karena merasa jijik mendengar nama “Nederlansch Indie” pemberian Belanda.

Insulinde berasal dari “Insulair”, “Insula” (pulau) dan “Indus” (Hindia). Sehingga Insulinde adalah Pulau Hindia.

4. Nusantara

Perpustakaan India Kuno menyebut negeri ini Nusantara. Dwipantara atau Nusantara sendiri memiliki arti pulau-pulau diantara benua-benua.

Pada kitab Negarakertagama juga telah disebutkan,  bahwasanya Nusantara merupakan pulau-pulau yang ada di luar tanah Jawa. Adapun dalam penyebutan Melayu juga dikenal Nusa Tamara yang sebenarnya juga berasal dari kata Nusantara.

5. The Malay Archipelago

Untuk nama unik yang satu ini diciptakan Alfred Russel Wallace di tahun 1869 pasca ia melakukan suatu lawatan ke Indonesia, sejak tahun 1854 hingga 1682.

Baca Artikel Lainnya :

Dimana “Malay” adalah Melayu dan “Archipel” salah satu bahasa Yunani yaitu “Archipelagus” yang terdiri dari dua kata, “Archi” (memerintah) dan “plagus” (laut). Sehingga dapat dikatakan bahwa artinya adalah menguasai laut atau kurang lebih kumpulan dari pulau-pulau rumpun Melayu.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *