5 Negara Paling Berbahaya Untuk Jurnalis

Menjadi seorang jurnalis memang bukan tugas yang mudah. Selain harus tangguangjawab terhadap apa yang diberitakan, mereka juga harus menanggung resiko setiap kali liputan berita. Menjadi wartawan berarti harus memiliki mental dan niat yang kuat agar bisa melaksanakan tugas dengan baik.

Akan tetapi, tidak semua tempat atau negara bisa menerima keberadaan wartawan. Beberapa negara bahkan sangat melarang independensi wartawan sehingga mereka tak segan untuk menghibisi wartawan-wartawan yang mereka anggap merugikan mereka.

m 25

Nah, negara manakah yang dianggap sebagai negara paling berbahaya untuk jurnalis atau wartawan? Berikut ulasannya untuk anda.

1. Suriah

Negara yang dikenal sebagai markas ISIS ini memang terkenal sebagai negara yang paling sadis terhadap jurnalis. Selama 2015, ISIS sudah membunuh 15 jurnalis.  Selain itu Suriah juga merupakan salah satu negara yang sedang berkonflik sehingga tidak heran jika banyak jurnalis yang tewas saat liputan konflik disana.

2. Perancis

Pada tahun 2015 lalu, di Perancis terjadi kejadian yang memilukan.pasalnya sebnyak 8 jurnalis harian Charlie Hebdo ditembak mati oleh kelompok teroris. Hal ini membuat Perancis saat ini menjadi negara yang dianggap berbahaya untuk jurnalis. Padahal negara ini menjamin kebebasan berpendapat untuk warganya.

3. Brazil

Sejak tahun 1992 sebanyak 30 lebih jurnalis terbunuh di negeri Samba ini. Kebanyakan dari mereka dibunuh karena mereka menggungkapkan kasus korupsi yang ada pada pemerintahan Brazil. Selain itu, geng motor dan juga geng bersenjata juga menjadi ancaman lain bagi urnlis di negara ini.

4. Irak

Negara selanjutnya yang dianggap berbahaya untuk wartawan adalah Irak. Selain karena memang negara ini tidak memberikan kebebasan kepada jurnalis, negara ini juga tengah berkonflik sehingga jurnalis rawan terbunuh di medan perang. Diperkirakan sejak tahun 1992, sebanyak 173 lebih jurnalis meninggal di negara ini.

Baca Artikel Lainnya :

5. Rusia

Negara terakhir yang dianggap sangat berbahaya untuk jurnalis adalah Rusia. Selain pemerintahannya yang memang tidak pro jurnalis, Rusia juga terkenal akan kartel-kartel narkobanya dan juga geng mematikannya. Kebanyakan jurnalis terbunuh saat berusaha untuk membongkar kartel narkoa disana.

Itulah beberapa negara yang dianggap paling berbahaya untuk jurnalis. Walaupun penuh dengan resiko, akan tetapi jurnalis merupakan profesi yang sangat muli karena menyampaikan kebenaran kepada masyarakat. Jadi jangan takut menjadi jurnalis.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *