5 Novel yang Dilarang Untuk Diedarkan

Novel merupakan sebuah karya sastra tertulis yang mengisahkan sebuah kisah atau perjalanan. Harusnya sebuah novel dapat dinikmati oleh siapapun. Semua orang berhak membaca karya sastra yang satu ini.

Namun ada beberapa novel yang sangat dilarang keras beredar di beberapa negara dengan alasan dan kebijakan di masing-masing negara. Berikut ini beberapa novel yang dilarang untuk beredar di beberapa negara.

  • American Psycho

q 95

Novel yang keluar pada tahun 1991 ini mengisahkan sifat lelucon dari Yuppies di Amerika. Kisahnya dikishkan melalui seorang protagonis Patrick Betman. Seorang Yuppie gila yang menjadi pembunuh berantai.

Dalam beberapa kali novel ini telah diberi label “salah satu novel kunci abad 20” teapi ketika dirilis mengahdirkan kontroversi besar. Hal ini dikarenakan tingkat ekstrem kekerasan grafis dan penyiksaan seksual.

  • The Satanic Verses

q 96

Novel ini adalah novel keempat karya Salman Rushdie. Novel ini pertama kali terbit pada tahun 1988. Novel ini terinspirasi dari kisah hidup Muhammad.

Novel ini melahirkan kontroversi besar dikalangan muslim. Selain itu novel ini juga dilarang beredar di beberapa negara seperti, India, Jepang dan negara-negara lain.

  • The Da Vinci Code

q 97

The Da Vinci Code ialah novel yang terbit pada tahun 2003 karangan Dan Brown. Novel ini sempat menjadi novel terlaris di beberapa negara, termasuk di Indonesia.

Namun novel yang mengisahkan tentang gereja katolik yang terlibat konspirasi untuk menutupi cerita Yesus yang sebenarnya ini juga dilarang edar di beberapa negara.

  • Lolita

q 98

Tahun 1995 novel ini pertama kali diluncurkan. Novel yang mengisahkan tentang seorang pedofilia yang mencintai gadis berusia 12 tahun ini dianggap tidak etis dan tidak bermoral.

Walaupun sempat menjadi novel terlaris di tingga minggu pertama, namun novel ini tetap dilarang edar di beberapa negara.

  • The Adventure of Huckleberry Finn

q 99

Baca Artikel Lainnya :

Mark Twain, penulis novel ini menuliskan 200 kata negro di setiap halaman buku ini. Akhirnya hal itu yang menjadi alasan kuat dilarang dari seluru perpustakaan sekolah di Amerika. Selain itu buku ini juga dihapus dari kurikulum sekolah.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *