5 Nutrisi Penting Untuk Sarapan Anak Muda

5 Nutrisi Penting Untuk Sarapan Anak Muda – Untuk mendukung proses tumbuh kembang anak dibutuhkan asupan nutrisi yang baik dalam setiap makanan yang dikonsumsi.

Untitled

Peran orang tua sangatlah penting dalam tata kelola menu makanan anak dan seluruh anggota keluarga.

Nutrisi yang baik diyakini menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan anak di masa mendatang, disamping faktor lain yaitu pendidikan, agama, penerapan etika dan sebagainya.

Waktu makan pada umumnya terbagi menjadi tiga, yaitu makan pagi, siang dan makan malam. Setelah 10 jam beristirahat, untuk memulai hari kegiatan makan yang pertama kali dilakukan adalah sarapan, dilakukan pagi hari saat aktivitas harian yang yang menguras tenaga dan pikiran akan segera dimulai.

Karena itu makanan bagi anak harus dipersiapkan dengan baik. Kandungan nutrisi apa saja yang dibutuhkan dalam sarapan mereka sehari – hari.

Berikut adalah lima nutrisi penting yang harus terkandung dalam sarapan anak – anak anda :

  1. Kalsium dan zat besi

Kalsium dan zat besi merupakan nutrisi yang dapat membantu menghasilkan energy yang dibutuhkan anak untuk beraktivitas sepanjang hari.

Kandungan ini dapat ditemukan dalam seporsi sereal yang penyajiannya dapat dicampur dengan susu dan buah seperti pisang atau strawberry.

  1. Asam lemak omega 3 dan protein

Asam lemak omega 3 yang berfungsi menjaga kekebalan tubuh serta protein yang berfungsi menjaga volume dan komposisi cairan tubuh agar teteap berada dalam jumlah ideal.

Kedua nutrisi tersebut dapat ditemukan pada telur yang dapat disajikan sebagai telur orak arik atau telur mata sapi pada saaat sarapan.

  1. Serat dan karbohidrat

Serat dibutuhkan tubuh untuk memperlancar metabolism dan karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh.

Keduanya dapat ditemukan pada setangkup roti gandum yang bisa disajikan dengan olesan selai maupun dijadikan makanan pendamping buah – buahan seperti apel dan kiwi.

  1. Beta Karoten

Memiliki sifat menlindungi tubuh dari radiasi, beta karoten layak dicantumkan dalam 5 nutrisi penting dalam sarapan anak. Seringkali anak berkativitas atau bermain di luar, tepat di bawah paparan cahaya matahari.

Dengan mengkonsumsi beta karoten dalam takaran yang tepat, kesehatan kulit anak dapat tetap terjaga. Buah dan sayuran berwarna merupakan sumber beta karoten yang baik.

  1. Zat Gizi Esensial

Sebagai zat yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh, air kemudian disebut sebagai zat gizi esensial. Air merupakan zat yang diperlukan oleh tubuh untuk mengatur proses kehidupan.

Pemenuhan kebutuhan atas air ini biasanya dilakukan melalui konsumsi air minum secara teratur. Minumlah air minimal 2 liter per hari.

Baca Juga :

Biasakan anak untuk lebih sering mengkonsumsi air putih ketimbang zat cair lainnya, apalagi yang sfatnya pabrikasi dan mengandung bahan pengawet yang berbahaya bagi kesehatan.

Itulah 5 nutrisi penting bagi sarapan anak anda. Semoga dapat menginspirasi orang tua dalam mempersiapkan kebuthan sarapan harian anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *