5 Orang paling Berpengaruh Di Dunia

Tahun 1978, Michael H. Hart (astrofisikawan Amerika) menerbitkan buku yang memuat 100 tokoh paling berpengaruh untuk dunia. Tidak sedikit yang memperdebatkan hingga mengkritiknya.

Namun 1992 buku ini kembali dicetak dengan sejumlah revisi. Berikut 5 orang paling berpengaruh seperti yang dituliskan oleh Hart.

1. Nabi Muhammad SAW

Muhammad SAW menjadi satu-satunya orang dengan keberhasilan luas biasa, dalam hal agama ataupun duniawi. Lahir pada 570 di Mekah yang saat itu dikenal sebagai daerah terbelakang.

Menginjak usianya yang ke 6 Muhammad SAW menjadi yatim piatu dan dibesarkan keluarga bersahaja. Muhammad SAW terbukti mampu menyebarkan dan menegakkan salah satu agama terbesar dunia yakni Islam.

2. Sir Isaac Newton

n 51

Newton sejak kecil memang telah menunjukkan kecakapan dalam bidang mekanika. Namun di sekolah dia nampak biasa saja, tidak banyak menarik perhatian.

Newton kemudian terdaftar sebagai mahasiswa Universitas Cambridge dan menyerap secara kilat apa yang saat ini dikenal sebagai ilmu pengetahuan dan matematika hingga dikenal sebagai bapak ilmu fisika klasik.

3. Jesus Christ

n 52

Dalam ajaran Kristen, Yesus Kristus atau Jesus Christ adalah sosok yang menempati tempat yang tertinggi. Meskipun penganut Kristen jumlahnya mencapai 2 kali lipat pemeluk Islam, Hart mencatatkan bahwa ajaran Kristen bukan didirikan oleh Yesus Kristus semata.

Karena dalam perjalanan waktu, Santo Paulus (penulis sebagian besar kitab Perjanjian Baru) memiliki andil besar menyebarkan kekristenan di abad ke-1.

4. Buddha

Siddharta Gautama merupakan putra Raja Kerajaan Kapilavastu di timur laut India. Waktu kelahiran dan juga kematiannya tidak pernah tercatat dengan pasti.

Siddharta Gautama diketahui mendapatkan suatu petunjuk (wahyu) dan mengabdikan hidupnya untuk berkelana di sepanjang India utara, menyebarkan filosofi di depan khalayak yang sudi mendengarnya.

Ketika wafat meskipun semua ucapannya masih saja belum tertulis, petuah-petuahnya telah dihafal banyak pengikutnya.

Baca Artikel Lainnya :

5. Confucius

Pengaruh Kong Hu Cu terhadap peradaban Tiongkok memang besar. Ajarannya meluas ke Korea, Jepang dan Vietnam, khususnya lewat Konfusianisme.

Buku analek merupakan karya singkat berisi diskusi dan juga pembicaraan Confucius dengan murid-muridnya yang disusun setelah dia wafat dan berisi inti-inti dari ajarannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *