5 orang Wanita yang Berambisi Menjadi Presiden Amerika Serikat

5 orang Wanita yang Berambisi Menjadi Presiden Amerika Serikat – Tidak hanya laki – laki saja yang memiliki ambisi dan berusaha keras untuk menjadi presiden di suatu Negara. Di Indonesia saja terdapat Megawati Sukarno Putri yang memiliki ambisi yang sangat kuat dan kentara untuk menjadi orang nomor satu di Indonesia.clinton

Tidak hanya itu, berbagai Negara bahkan telah banyak dipimpin oleh seorang wanita. Jadi tidaklah aneh bagi Negara besar seperti Amerika Serikat jika memiliki banyak wanita yang juga berambisi jadi orang nomor satu di Negara tersebut.

Meskipun sampai saat ini belum ada dalam sejarah Negara Amerika Serikat memiliki pemimpin atau presiden seorang Wanita. Di bawah ini akan dibahas siapa saja wanita yang pernah mencoba atau sedang mencoba untuk menjadi presiden di Amerika Serikat.

Dalam berita yang telah tersebar di Amerika Serikat, Hillary Rodham Clinton akan mencoba peruntungan untuk menjadi presiden di pemilihan tahun 2016 mendatang, partai Demokratis akan mengusung atau mendukung Hillary Clinton menjadi kandidat terdepat bagi partainya, tetapi Hillary Clinton sendiri bukanlah wanita pertama yang memiliki ambisi dan masuk menjadi kandidat dalam pemilihan presiden.

Wanita bernama Victoria Woondhull pernah mencoba menjadi presiden Amerika Serikat pada tahun 1872 sekitar puluhan tahun sebelum abad ke 19. Victoria Woondhull diusunga tau didukung oleh Equal Right Party. Victoria Woondhull sendiri mengusung persamaan hak asasi dalam kampanyenya namun tidak terdapat catatan mengenai bagaimana proses pemilihan atau votingnya.

Wanita ke tiga yang juga menjadi kandidat dalam pemilihan presiden Amerika Serikat adalah Shirley Chisholm, dimana wanita ini mengikuti kandidasi pada tahun 1972. Partai Demokrat menjadi pendukungnya di dalam pemilihan presiden ini. dari catatan yang ada Shirley Chisholm mendapatkan 152 pilihan degegasi di pemilihan pertama.

Shirley Chisholm sendiri mengusung kesamaan hak asasi manusia dan juga keadilan dalam bidang ekonomi. Shirley Chisholm merupakan wanita keturunan Afrika – Amerika pertama yang dipilih ke dalam kongres di tahun 1968, Shirley Chisholm sendiri berkata bahwa terkadang beliau mengalami kesulitan namun dia tetap percaya diri sehingga bisa maju sejauh ini. namun, Shirley Chisholm kalah oleh George McGovern dan Richard Nixon saat itu.

Wanita yang ke empat adalah Linda Jenness, yang mengikuti pada tahun 1972 namun dari partai yang berbeda dengan kandidat sebelumnya. Partai sosialis pekerja dan Shirley Chisholm memenangkan 83.380 suara.

Namun saat melawan kandidat dari partai democrat, Shirley Chisholm kalah sehingga gagal masuk ke pemilihan selanjutnya. Selain itu, Shirley Chisholm memiliki masalah dengan dana kampanye sehingga kampanyenya tidak maksimal. Wanita yang ke lima adalah Jill Stein yang mengikuti kandidasi pada tahun 2012. Partai yang mengusung Jill Stein adalah partai Green. Dalam pemilihan ini, Jill Stein mendapatkan suara sebanyak 469.015. dalam proses kampanyenya Jill Stein mengusung mengenai perlindungan terhadap lingkungan.

Dalam sejarah kandidasi wanita, untuk pemilihan Jill Stein menjadi presiden Amerika Serikat merupakan yang paling sukses. Jill Stein sendiri merupakan seorang ahli khususnya di bidang kesehatan lingkungan oleh karena itu Jill Stein mengusung tema tersebut dalam kampanyenya. Meskipun Jill Stein masih gagal untuk menjadi presiden Amerika Serikat.

Baca juga : Biografi Presiden Amerika Serikat, Barack Obama

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *