5 Penyakit Yang Disebabkan Pergantian Musim

5 Penyakit Yang Disebabkan Pergantian Musim – Musim pancaroba memang hanya terjadi saat masa pergantian musim.

Baik itu dari kemarau ke musim hujan yang jatuh pada September atau dari musim hujan ke kemarau di bulan April. Perubahan udara maupun temperatur sedikit banyak memberikan pengaruh pada kondisi tubuh.

Sebab secara otomatis di musim tersebut tubuh akan berusaha keras untuk menyesuaikan kondisi dengan temperatur yang ada di sekitar.

Pada saat itu juga imunitas atau daya tahan tubuh terhadap pemicu penyakit sedang berkurang. Sehingga lebih sering menyebabkan orang sakit saat musim pancaroba.

Diare

Untitled

Penyakit dengan gejala buang air besar dalam bentuk cair berkali-kali disebabkan adanya sekelompok bakteri.

Sejumlah bakteri yang menyebabkan diare diantaranya Shigella dysentria, Compylobacter jejui, Salmonella Spp, Entamoeba hisyolytica dan Esvherichia coli (E coli).

Bakteri ini sendiri akan menginfeksi saluran usus dan menyebabkan tinja cair sekaligus berlendir.

Tifus

Untitled

Ini adalah penyakit dengan gejala demam mencapai 39 hingga 40 derajat celcius dan seibabkan adanya bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini memasuki saluran cerna melalui esofagus, mulut, usus kecil, lambung dan juga usus besar.

Leptospirosis

Untitled

Penyakit yang satu ini disebabkan oleh bakteri Leptospira sp dengan penyebaran melalui urine tikus. Ini merupakan penyakit yang mengakibatkan kulit penderita kekuningan serta mukosa mengering. Di dalam beberapa kasus, penyakit ini juga disertai kontipasi atau diare.

Penyakit kulit

Untitled

Banjir dan hujan rentan membawa sejumlah bakteri penyerang kulit. Serangan bakteri mengakibatkan munculnya rasa gatal pada seluruh tubuh. Penyakit kulit bisa juga disebabkan jamur akibat perubahan suhu yang menjadi lebih lembab.

Demam berdarah (DB)

Untitled

Berbeda halnya dengan beberapa penyakit yang telah disebutkan di atas, demam berdarah muncul akibat dari virus dengue 4 strain.

Guna mengatasi serangan virus dengue ini sebenarnya penderita DB memiliki kewajiban untuk meningkatkan daya tahan tubuh melalui konsumsi asupan bergizi.

Virus dengue sendiri diketahui membawa nyamuk Aedes Aegypti yang terbiasa berkembang biak dalam air jernih. Genangan air jernih cukup banyak ditemukan saat musim hujan tiba.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *