5 penyakit yang ditandai dari kesemutan

5 penyakit yang ditandai dari kesemutan – Hampir setiap orang pernah mengalami kesemutan, mengalami mati rasa sementara seperti ketika ada bagian tubuh yang tertekan.

Mungkin sebagian orang akan mengabaikan, tapi, apakah anda tahu bahwa kesemutan itu bisa jadi tanda sebuah penyakit serius pada tubuh anda. Berikut 5 penyakit yang di tandai dengan kesemutan :

semut

  1. Diabetes Melitus (DM)

Diabetes melitus atau yang lebih dikenal dengan kencing manis akan mengalami kesemutan karena adanya kerusakan pada pembuluh darah penderita, sehingga darah yang mengalir pada ujung saraf berkurang.

Jika seseorang sudah menderita DM yang harus dilakukan adalah mengurangi konsumsi gula secara ketat.

  1. Stroke

Stroke ringan merupakan salah satu penyakit yang memiliki ciri kesemutan yang disebabkan oleh terjadi penyumbatan  pembuluh darah di otak, sehingga terjadi kerusakan saraf. Penderita akan mengalami kesemutan ketika mereka bangun tidur.

Para penderita yang sudah terkena stroke ringan, harus segera ditangani, karena dikhawatirkan akan berkembang menjadi stroke berat.

  1. Penyakit jantung

Seseorang yang menderita penyakit jantung juga akan mengalami kesemutan sebelah, bahkan kelumpuhan ketika daerah sistem sensorik dan sistem motorik pada otak tersumbat oleh bekuan darah yang terbawa oleh aliran darah ke otak pasca operasi pemasangan klep.

  1. Infeksi Tulang Belakang

Ketika seseorang menderita radang sumsum tulang belakang (mielitis) akan mengalami kesemutan pada tubuh bagian bawah mulai dari pusar hingga kaki tidak dapat digerakkan.

Bahkan para penderita tidak dapat buang air kecil maupun besar karena tubuh sulit untuk digerkakkan.

Jika seseorang sudah terkena penyakit ini, bisa jadi akan sembuh sebagian bahkan makin parah, karena ditentukan oleh kerusakan tulang belakang.

  1. Rematik

Rematik memiliki salah satu ciri kesemutan atau rasa tebal pada bagian yang terserang kesemutan. Biasanya terjadi karena sendi pada engsel syarafnya terjepit, sepert pada sendi pergelangan kaki berubah bentuk. Kesemutan akan hilang sendirinya saat rematik sembuh.

Baca Artikel Lainnya :

Demikian beberapa penyakit yang ditandai oleh kesemutan, tapi bukan berarti ketika anda mengalami kesemutan lantas anda menderita penyakit-penyakit diatas, karena ini hanya sebagian tanda, untuk mengetahui penyakit apa yang anda alami, lebih baik periksakan ke dokter.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *