5 Penyakit Yang Melegenda Sepanjang Sejarah

Musim hujan seperti saat ini wajar jika banyak penyakit yang mulai muncul seperti diare, demam, flu dan batuk. Penyakit musiman seperti ini akan hilang seiring pergantian musim nanti.

Akan tetapi tahukan kalian ada beberapa pentakit yang melegenda sepanjang masa? Penasaran apa saja? Berikut ulasannya untuk anda.

n 1

1. Wabah hitam

Wabah hitam atau black death merupakan wabah terburuk dan paling melegenda sepanjang sejarah manusia. Wabah ini terjadi di Eropa dan menewaskan 60% populasi manusia di sana dalam jangka waktu kurang dari lima tahun.

Menurut kabar, wabah ini dibawa oleh pedagang yang kembali dari Asia. Eropa membutuhkan waktu 150 tahun untuk bebas dari wabah ini dan mengembalikan kondisi seperti sebelumnya.

2. AIDS

AIDS merupakan gangguan sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh virus HIV. Penyakit ini dipercaya berasal dari Afrika. AIDS sendiri sudah membunuh banyak nyawa sejak ditemukannya tahun 1981.

Diperkirakan sebanyak 25 juta nyawa sudah melayang akibat penyakit ini dan akan terus bertambah dilihat dari masih banyaknya masyarakat yang masih melakukan sex bebas.

3. Flu Spanyol

Wabah flu Spanyol muncul pertama kali tahun 1918 dan berlangsung selama satu tahun. Walaupun hanya berlangsung selama satu tahun, tapi berdasar data yang ada jumlah korban meningga akibat penyakit ini lebih banyak di bandingkan wabah hitam.

Wabah ini juga menyerang kelompok desawa muda sehingga menyebabkan lemahnya kekuatan militer Spanyol saat itu karena para tentara banyak yang meninggal akibat penyakit ini.

4. Wabah Bubonic

Wabah bubonic atau yang bisa disebut dengan wabah pes merupakan penyakit menular yang penyebarannya lewat tikus. Wabah ini menular dari infeksi kotoran atau air kencing tikus yang yang sudah terinfeksi bakteri enterobakteria Yersinia pestis dan mengenai kulit manusia.

Bakteri yang ada pada kotoran tikus tersebut berpindah ke manusia. Sebanyak lebih dari 250 juta warga dunia meninggal akibat wabah ini.

Baca Artikel Lainnya :

5. Malaria

Malaria merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh parrasit Plasmodium. Penyakit ini disebarkan oleh gigitan nyamuk yang sudah terinfeksi virus ini. Penyakit ini menyebar di negara tropis dan subtropics seperti Amerika, Afrika dan Asia.

Sebanyak lebih dari 1 juta orang meninggal setiap tahunnya akibat penyakit ini dan kebanyakan adalah anak-anak.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *