5 Perlakuan Tidak Adil Terhadap Hutan

5 Perlakuan Tidak Adil Terhadap Hutan – Hutan merupakan salah satu dari keindahan alam yang tidak boleh dirusak ekosistemnya. Hutan yang notabenenya menjadi rumah dari beberapa binatang ini memang seringkali mengalami tindakan yang tidak adil.

a

Tindakan ini biasanya berbentuk seperti penggundulan hutan, penggundulan ini merupakan salah satu keadaan yang dapat membuat hutan menjadi habis dengan seketika. Tentu saja karena tempat tinggalnya diganggu maka banyak hewan yang terancam keselamatannya. Bayangkan saja apa yang terjadi jika tidak ada satupun hutan yang ada di sekitar Anda. Maka tidak akan ada lagi kegiatan camping atau juga kegiatan untuk mendaki gunung.

Selain itu kegiatan lain yang dapat merusak hutan adalah dengan cara membuat hutan tersebut sebagai salah satu kegiatan dari olah raga off road. Meskipun terdengar sepele tetapi ternyata kegiatan ini dapat membuat hutan menjadi rusak parah. Hal ini tentu saja dapat terjadi mengingat ketika beberapa motor melewati hutan tersebut maka jalanan dari hutan akan mengalami perubahan. Jika yang melalui jalan tersebut hanya satu atau tiga motor saja maka tidak akan menimbulkan masalah yang serius, tetapi jika yang melewati hutan tersebut berjumlah puluhan maka bayangkan apa yang akan terjadi dengan jalanan hutan tersebut.

Kegiatan lain yang dapat merusak hutan dengan cara menebang dari hasil hutan tanpa menanam kembali pohon yang bisa digunakan untuk menggantikan. Dalam konsep, kegiatan ini dapat pula disebut sebagai kegiatan tebang pilih. Sebaiknya juga melakukan pemilihan akan penebangan kepada pohon yang memiliki usia yang bisa dikatakan tua, sehingga kegiatan Anda ini memiliki ikatan yang sama-sama saling menguntungkan antara pihak hutan dengan Anda.

Kegiatan lain yang dapat mempengaruhi hutan adalah dengan cara merubah tersebut menjadi suatu kebun dengan jenis pohon tertentu. Wajar terjadi memang jika beberapa hutan di Indonesia ini dijadikan sebagai tempat industry tetapi dengan konsep yang sama yaitu menanam kembali pohon tetapi dengan bentuk yang lebih teratur dan juga jenis satu pohon saja. Kegiatan ini sama saja dengan mengusir penghuni asli dari hutan tersebut untuk dipaksa keluar dari lingkungannya atau habitatnya. Jika pohon-pohon atau binatang tersebut bisa berbicara maka mereka pasti akan menuntut hak-hak mereka di depan pengadilan.

Kegiatan lain yang dapat merusak hutan adalah dengan cara berburu yang berlebih dan di dalam hutan. Kegiatan yang menantang dan juga macho ini ternyata memiliki dampak yang buruk terhadap hutan. Bagaimana tidak jika suatu orang atau kelompok perburuan mencari berbagai binatang yang diperlukan mereka di dalam hutan secara terus menerus maka jumlah dari populasi anggota hutan akan berkurang.

Hal ini akan memberikan dampak pada jumlah dari ekosistem lainnya. Jika yang diburu adalah hewan yang berada di tingkat konsumen pertama misalnya maka hal ini akan mempengaruhi beberapa binatang lain sebagai konsumen tingkat berikutnya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “5 Perlakuan Tidak Adil Terhadap Hutan

  1. Pingback: Flora dan Fauna yang Ada di Hutan | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *