5 Pohon Paling Beracun di Dunia

Indonesia adalah negara yang kaya akan keindahan alamnya. Tak hanya itu, keindahan alam Indonesia menyimpan begitu bnyak jenis flora dan fauna. Begitu banyak tersebar berbagai jenis flora dan fauna baik yang dilindungi maupun yang tumbuh dan berkembang secara liar.

Dari banyaknya tumbuhan atau flora yang tumbuh di Indonesia, ada bebrapa jenis yang termasuk mengandung racun yang amat berbahaya.

  • Gympie-gympie (Dendrocnide moroides)

k 85

Tumbuhan ini dikenal sebagi tanaman penyengat, karena jika kulit luar terkena tumbuhan ini akan merasakan panas yang luar biasa dan tidak akan hilang berbulan-bulan. Saking kuatnya racun ini, daun yang sudah kering beratus tahun pun masih mengandung racun.

  • Singkong karet (Manihot Glazivoii)

k 86

Singkong karet mengandung racun yang amat kuat. Singkong ini memiliki rasa yang amat pahit dan pastinya mematikan. Racun ini biasa terkonsentrasi dari daun dan umbi singkong.

Singkong jenis ini mengandung senyawa cyanogenic glycoside, linamarin dan lotaustralin yang oleh enzim dapat menghasilkan asam sianida. Asam ini dikenal dengan pembunuh berdarah dingin. Pada saat terkena racun ini tidak ada tanda yang nyata, namun tak lama kemudian akan menghabisi nyawa si pemakannya.

  • Kecubung (Datura Metel)

k 87

Kecubung dikenal sebagai salah satu tumbuhan yang banyak mengadung manfaat dibidang kesehata. Namun kecubung juga mengadung zat alkaloid yang mempunyai efek halusinogen pada bijinya.

Efek yang ditimbulkan ialah mual, muntah, sesak nafas, nadi berdenyut, halusinasi yang akhirnya berujung kematian.

  • Pohon Upas (Antiaris toxicaria)

k 88

Pohon ini mengandung getah yang amat mematikan. Jika terkena getah ini, hanya butuh waktu tiga hingga sepuluh menit untuk meninggal dunia. pohon ini amat legendaris pada masa penjajahan VOC. Warga lokal menggunakannya sebagai senjata untuk mengusir penjajah.

  • Tanaman Jarak (Ricinius Communis)

k 89

Baca Artikel Lainnya :

Daun dan getah tumbuhan ini banyak digunakan sebagai obat tradisional. Namun siapa sangka biji tumbuhan ini mengandung racun yang mematikan. Racun yang terkadung dapat menyebabkan gangguan pada sistem peredaran darah dan pernafasan sebelum mematikan seseorang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *