5 Provinsi Termiskin di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang terdiri dari beribu-ribu pulau. Terkadang, perhatian, pengembangan dan pembangunan tidak merata sehingga terdapat beberapa provinsi yang memiliki jumlah pendapatan kurang dari provinsi lain. 5 provinsi termiskin di Indonesia, yaitu:

  • Papua Barat

r 54

Provinsi Papua Barat memiliki angka kemiskinan sebesar 36,8% dengan jumlah penduduk sekitar 770 ribu jiwa. Potensi yang ada di provinsi ini antara lain adalah pariwisata, tambang minyak, gas, perkebunan.

  • Papua

r 55

Provinsi Papua merupakan provinsi paling timur yang ada di Indonesia dan berbatasan langsung dengan Papua Nugini. Tingkat kemiskinan di provinsi ini sekitar 35% dengan jumlah penduduk 2,8 juta jiwa.

Di provinsi ini terdapat PT.Freeport Indonesia yang merupakan tambang emas terbesar di dunia dan penyetor pajak terbesar di Indonesia.

  • Maluku

r 56

Provinsi Maluku berada di posisi 3 sebagai provinsi termiskin di dunia dengan presentase 27.7%. Penduduk di provinsi ini sekitar 1.5 juta jiwa. Pariwisata dan pertanian adalah sektor andalan provinsi ini.

  • Sulawesi Barat

r 57

Provinsi Sulawesi Barat memiliki tingkat kemiskinan sebesar 23% dengan jumlah penduduk sekitar 1,158 juta jiwa.

Sektor pertanian dan perkebunan merupakan sektor andalan dari provinsi ini dan sektor pertambangan batuan dan hasil bumi belum di eksplorasi maksimal.

  • Nusa Tenggara Timur

r 58

Baca Artikel Lainnya :

Presentase kemiskinan dari Nusa Tenggara Timur sebesar 23.03%. Pertanian dan pariwisata merupakan sektor andalan.

 

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *