5 Telur Terbesar di Dunia

5 Telur Terbesar di Dunia – Telur adalah bahan salah satu bahan makanan utama yang biasa kita gunakan sebagai lauk selain daging.

Namun, tahukah Anda ada telur yang beratnya mencapai 12 kg? Itu bisa digunakan sebagai lauk satu keluarga untuk seminggu ya? Hehe :D. Berikut ini beberapa telur terbesar di dunia yang perlu Anda ketahui:

jus lagi

#Telur burung Maleo

Burung maleo memiliki ukuran telur yang tidak biasa daripada telur lainnya. Panjangnya sekitar 11 cm dengan berat 240 sampai 270 gram per butirnya. Ini setara dengan 5 sampai 8 kali lipat dari telur ayam ukuran biasa.

Burung Maleo sendiri bisa kita temukan di Maluku, namun jumlahnya semakin terancam karena habitatnya yang juga semakin rusak.

Diperkirakan, jumlahnya sekarang hanya sekitar 10.000 ekor saja. Uniknya, meski baru menetas, burung Maleo sudah bisa terbang lho!

#Telur Angsa

Telur angsa memiliki berat 340 gram. Ini jauh lebih berat daripada telur bebek, dengan warna putih bersih.

Karena ukurannya yang lebih besar, maka ia juga memiliki kandungan nilai gizi yang lebih banyak dari telur bebek maupun telur ayam.

Untuk pemenuhan gizi harian, telur angsa bisa memenuhi 405%-nya. Sebab, telur angsa memiliki 20 gram protein, juga vitamin A, dan zat besi. Kandungan kolesterol telur angsa mencapai 1227 mg.

Di Indonesia, telur angsa sering dimanfaatkan untuk membuat kerajinan. Bagian dari telur angsa yang lebih sering dimanfaatkan tersebut adalah bagian cangkangnya.

#Telur burung Emu

Burung Emu adalah sebutan untuk burung asli Australia dengan penampilannya mirip dengan burung unta.

Keberadaannya semakin terancam karena banyak diburu untuk dijadikan sebagai sumber makanan bagi suku Aborigin.

Namun, sekarang sedang diupayakan untuk dibudidayakan kembali demi kepentingan ilmu pengetahuan.

Telur burung Emu memiliki cangkang berwarna hijau tua yang tebal, namun mudah dikelupas. Satu telur burung Emu setara dengan sepuluh sampai dua belas telur ayam, sebab beratnya mencapai 700 sampai 900 gram per buahnya.

Bagian kuning telurnya yang berwarna kuning pucat mengisi sekitar 45% dari seluruh bagiannya.

#Telur burung Unta

Burung unta diklaim sebagai unggas terbesar dengan telur seberat 1,4 kg dengan panjang dan lebar berturut-turut 15 dan 13 cm.

Telur burung unta setara dengan 20 sampai 24 telur ayam. Cangkang telurnya sangat tebal, bahkan Anda memerlukan palu untuk memecahkannya.

Menurut orang yang pernah memasaknya, telur burung ini dapat dijadikan 10 porsi scramble egg.

Teksturnya lebih ringan dari telur ayam, dan karena besarnya, di Inggris permintaan untuk telur burung unta semakin melonjak. Bahkan, pada tahun 2008, persentase permintaannya mencapai 573%.

#Telur burung Gajah

Fosil telur ini baru saja terjual dengan lelang lebih dari 900 juta. Burung gajah pernah hidup di Madagaskar, telurnya memiliki berat sampai 12.15 kg.

Baca Artikel Lainnya :

Telur ini berasal dari burung Gajah dengan nama latin Aepyomis maximus. Kuning telur burung gajah sangat besar dan dikelilingi oleh putih telur yang sebenarnya adalah protein albumin yang berfungsi untuk melindungi ovum. Ovum atau sel telur sendiri merupakan bagian yang biasa kita sebut sebagai kuning telur.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *