5 Tips Ampuh Mengatasi Kembung di Saat Menstruasi

5 Tips Ampuh  Mengatasi Kembung di Saat Menstruasi – Menstruasi memang kerap terjadi pada seorang wanita, namun di balik menstruasi ada beberapa gejala umum yang juga akan dialami disaat menstruasi tersebut datang, misalnya penyakit kembung. Banyak sekali seorang wanita yang menderita penyakit kembung disaat menstruasi datang, hal ini disebabkan karena selama dalam menstruasi berlangsung lapisan rahim akan memproduksi bahan kimia yang disebut protaglandin yang akan mengakibatkan kembung tersebut datang.

1

Namun, untuk mengatasi penyakit kembung disaat mengalami menstruasi  yaitu dapat dilakukan dengan memperbaiki pola makan dengan baik dan tepat. Tetapi jangan mengkonsumsi makanan – makanan yang mengandung asam lemak, karenakan dapat meningkatkan prostaglandin yang mengakibatkan kram dan kembung akan muncul. Jika anda mengalami masalah tersebut, berikut ada beberapa cara dan tips untuk mengataso kembung disaat menstruasi.

baca : 5 Hal Yang Sering Dilakukan Pria Setelah Putus

1. Menjauhkan makanan penyebab gas

Di saat menstruasi sangat di sarankan untuk menghindari mengkonsumsi makanan – makanan yang menyebabkan gas seperti kol, brokoli dan selada. Karena sayuran ini dapat meningkatkan kadar gas di dalam perut. Hal ini disebabkan karena sayuran tersebut mengandung gula komplek yang sangat sulit di pecah atau diuraikan, sehingga makanan tersebut akan menghasilkan gas  dalam perut.

2. Menghindari minuman bersoda dan berkarbonasi

Jika anda suka mengkonsumsi minuman bersoda dan berkarbonasi akan lebih cendrung mengandung gas yang akan mengakibatkan mudah terperangkap di dalam perut, sehingga hal tersebut akan membuat para penyakit kembung di saat menstruasi anda. Oleh sebab itu, dari pada mengkonsumsi minuman bersoda dan berkarbonasi lebih baik mengkonsumsi  air putih yang lebih sehat dan dapat membantu mengurangi kembung yang ada di dalam perut.

3. Konsumsi buah kaya protein dan potasium

Konsumsi buah – buah yang mengandung kalium dan potasium, seperti buah apel, pisang, melon dan tomat akan sangat membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh dengan baik. Konsumsi makanan banyak yang mengandung lemak sehat, seperti kacang – kacangan, ikan salmon dan biji – bijian akan juga membantu menurunkan prostaglanding, hormon yang menyebabkan perut akan kembung disaat menstruasi datang.

4. Melakukan olahraga dengan rutin

Jika menstruasi sudah datang, lakukanlah olahraga dengan rutin karena dapat membantu menyehatkan kondisi tubuh dengan baik. Bukan hanya itu, olahraga juga dapat membantu mengurangi kadar gas dalam tubuh sehingga sangat baik untuk mengatasi kembung. Namun, perhatikan juga olahraga yang mendukung untuk menyehatkan kesehatan di saat menstruasi datang dan mengatasi perut kembung.

5. Mengurangi mengkonsumsi kopi

Jika anda menyukai kopi bagi wanita, sebaiknya untuk menghindari karena dapat menyebabkan kembung. Apalagi jika mengkonsumsinya pada pagi hari sebelum mengkonsumsi apapun atau dalam keadaan perut kosong akan menyebabkan perut kembung. Oleh karena itu, sangat tidak di sarankan bagi seorang wanita yang lagi menstruasi mengkonsumsi kopi yang akan membuat kondisi menjadi memburuk dan mengakibatkan penghambatan penyembuhan menstruasi yang di alami.

Baca juga :

Demikianlah ulasan tentang 5 tips ampuh mengatasi kembung di saat menstruasi, semoga informasi yang kami berikan berguna dan bermanfaat.

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *