6 Cara Mudah Atasi Kulit Kepala Gatal

6 Cara Mudah Atasi Kulit Kepala Gatal – Rambut diidentikkan sebagai mahkota bagi wanita, jadi tak jarang yang justru lebih sering memperhatikan kecantikan rambut mereka dibandingkan dengan wajah. Umumnya cukup banyak wanita yang ingin memiliki rambut panjang dan cantik, sama seperti cerita-cerita rakyat zaman dahulu dimana wanita cantik memang selalu berambut hitam legam dan panjang.

fia 22

Namun ternyata di era modern seperti sekarang ini banyak yang sudah tak percaya mengenai anggapan tersebut. Cantik tak harus berambut panjang, namun lebih kepada penyesuaian dengan model yang tengah menjadi trend saat ini.

Apalagi kita sendiri tau bahwa merawat rambut panjang jauh lebih sulit dibandingkan dengan yang pendek, masalah umum seperti kerontokan, ujung bercabang bahkan kulit kepala gatal bisa disebabkan karena hal ini. Mungkin Anda juga pernah mengalami hal yang sama, kulit kepala senantiasa gatal padahal tak memiliki kutu rambut atau sejenisnya.

Apakah hal ini disebabkan oleh ukuran rambut yang terlalu panjang?, ternyata tidak juga, bagi kamu yang bingung bagaimana solusi mengatasinya simak beberapa tips berikut ini:

1. Ganti shampo maupun conditioner

Tahukah kamu bahwa kulit kepala sama halnya dengan bagian kulit wajah maupun tubuh, jika produk yang digunakan tak cocok tentunya akan menyebabkan resiko efek samping, salah satu bentuknya adalah rasa gatal tersebut.

Jika sudah seperti ini bisa jadi ada kandungan berbahaya dan cukup sensitif pada kulit kepala Anda, sehingga sebelum bertambah lebih parah ada baiknya untuk langsung mengganti produk yang biasa digunakan tersebut, Anda bisa mengganti dengan merk lain atau mungkin membuat shampo alami sendiri dari bahan-bahan seperti lidah buaya.

2. Menggunakan minyak almond

Selain minyak zaitun minyak yang berasal dari kacang almond ini ternyata juga memiliki efek samping untuk meredakan rasa gatal, cara menggunakannya juga terbilang sangat mudah yaitu memulainya dengan menghangatkan minyak tersebut pada api kecil kemudian lakukan pemijatan kulit kepala menggunakan minyak almond tersebut secara perlahan. Lakukan secara teratur sampai rasa gatal di kulit kepala hilang.

3. Menyisir dengan tepat

Menyisir rambut ternyata tak hanya bermanfaat untuk membuatnya lebih rapi dan tidak kusut, namun juga dapat mengatasi rasa gatal hal ini disebabkan karena dengan menyisir dapat meningkatkan aliran darah menuju kepala sehingga efektif dalam meminimalisir gatal tersebut.

4. Sering-seringlah berjemur matahari pagi

Sinar matahari pagi memang memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia, salah satu diantaranya adalah untuk menghilangkan gatal kulit kepala. Namun satu hal yang harus diperhatikan untuk menghindari sengatan sinar matahari secara langsung di kala siang hari, gunakan topi atau mungkin jilbab karena kulit kepala yang secara langsung berpaparan panas menyengat tersebut justru akan membuatnya terasa lebih gatal.

5. Cuci rambut secara teratur

Sangat dianjurkan untuk rajin mencuci rambut, karena semakin lama dan membiarkan rambut lepak maka semakin banyak pula ketombe yang menempel, hal ini menyebabkan rasa gatal yang semakin menjadi-jadi. Untuk itu usahakan setidaknya 2 kali sehari Anda mencuci rambut.

6. Rajin mengganti produk shampo yang digunakan

Semakin lama Anda menggunakan jenis yang sama semakin banyak pula bahan kimia yang menempel, akibatnya iritasi seperti rasa gatal juga dengan mudah terjadi, untuk itu akan lebih baik jika Anda mengganti produk secara berkala agar kulit kepala juga tak mengalami masalah ketergantungan produk yang sama.

Jika hal-hal tersebut belum berhasil mengatasi kulit kepala gatal bisa segera konsultasikan ke dokter.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *