6 Daftar Penyakit yang menyerang ginjal

Ginjal adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia yang melakukan eksresi (pembentukan urin) yaitu proses filtrasi atau penyaringan, proses reapsorpsi atau penyerapan kembali dan proses sekresi pada bagian – bagian ginjal tertentu.

n 2

Berikut beberapa penyakit yang menyerang ginjal :

1. Gagal Ginjal (Anuria)

Gagal ginjal terjadi ketika ginjal telah gagal membuat urin yang disebabkan oleh glomerulus mengalami kerusakan sehingga urin yang dihasilkan tidak ada. Penderita harus melakukan cuci darah menggunakan alat Hemodialisis atau harus melakukan pencakokan ginjal.

2. Batu Ginjal

Batu ginjal terjadi akibat kurang minum air putih dan menahan buang air kecil terlalu sering, sehingga terjadi pengendapan pada kandung kemih atau rogga ginjal yang bisa terbentuk dari penumpukan asam urat dan senyawa kalsium akibat kelainan metabolisme.

Jika sudah terserang batu ginjal maka bisa diobati dengan obat – obatan atau sinar laser bagi yang masi berukuran kecil dan berukuran besar bisa di sembuhkan dengan operasi.

3. Diabetes Melitus

Diabetes melitus atau lebih sering disebut dengan kencing manis terjadi akibat rendahnya kadar hormon insulin dalam tubuh yang dapat mengganggu proses perombakan glukosa menjadi glikogen sehingga kadar glukosa dalam darah meningkat dan keluar bersama urin.

4. Albuminuria

Albuminuria terjadi karena albumin (protein) tidak dapat disaring oleh ginjal, sehingga keluar bersamaan urin.

5. Diabetes Insipidus

Diabetes inspidus terjadi karena hormon ADH (homon anti dieuretik) berfungsi sebagai pemermudah penyerapan air pada pembuluh pengumpul dan distal berkurang, sehigga urin yang dihasilkan banyak dan encer karena mengandung konsentrasi air tinggi (daSrah lebih encer).

Penderita diabetes insipidus akan mengalami buang air kecil lebih sering karena voume urin meningkat 30 kali lipat dari volum urin yang normal.

Baca Artikel Lainnya :

6. Nefritis

Nefritis terjadi akibat bakteri Streptococcus masuk ke ginjal melalui pernafasan yang dibawa darah sehingga mengakibatkan infeksi dan peradangan.

Akibat dari peradangan tersebut, ginjal tidak mampu lagi menyaring protein dan sel darah yang masuk melalui urine primer dan juga urea yang masuk kedarah melebihi batas normal (biasa disebut dengan uremia).

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *