6 Dampak Akibat Jika Kamu Tidak Menjaga Kebersihan Bumi

6 Dampak Akibat Jika Kamu Tidak Menjaga Kebersihan Bumi – Bumi adalah salah satu dimana tempat tinggal bagi semua umat manusia, karena bumi ini merupakan tempat tinggal maka sebagai manusia harus berkewajiban untuk menjaga kebersihan dan keindahannta tanpa sebalinya yang merusak keindahan dan juga tidak menjaga kebersihan.

1

Bukan hanya dampak pada pencemaran lingkungan saja, ketika bumi sedang mengalami sakit manusia akan juga bisa sakit. Oleh karena itu, harus menjaga kebersihan bumi dengan baik tanpa terpaksa dan juga di paksa. Ada beberapa dampak yang harus diketahui jika tidak menjaga kebersihan bumi.

1. Mengalami polusi udara

Tahu anda bahwa udara yang sudah tercemar bisa sangat mempengaruhi umur  manusia, udara yang penuh dengan asap serta karsinogen akan bisa membunuh atau memperpendek umur manusia kamli lebih cepat dibandingkan kamu saat sedang merokok. Sehingga sangat disayangkan jika kamu tidak membersihkan keadaan bumi secara teraturnya.

2. Air terkontaminasi

Air yang sudah terkontaminasi oleh racun dapat juga mengakibatkan gangguan pada kesehatan dan pola hidup anda. Bukan hanya membahayakan untuk manusia saja, racun yang sudah menyebar di dalam air akan juga mengakibatkan hewan atau binatang sekitar akan mengakibatkan kematian. Biasanya air terkontaminasi ini disebabkan karena adanya pembuangan limbah rumah tangga dan industri.

3. Deforestasi

Deforestasi atau pengundulan hitan liar ini akan menyebabkan banjir. Namun sampai saat ini jumlah pepohonan di sekitar kita mulai menipis  bahkan sudah habis, dengan begitu kehidupan manusia akan terancam dan juga bahaya karena kegundulan hutan itu bukan hanya mengakibatkan banjir saja, melainkan juga udara segar yang berkurang dan rawan longsor.

4. Penggunaan plastik

Penggunaan plastik yang sangat banyak menyebabkan terganggunya kesehatan dan pola sehat akan tidak baik, hal ini dikarenakan plastik ini mengandung zat kimia yang sulit di uraikan kembali. Selain itu, dapat mengotori lingkungan setempat dam juga memperburuk kesehatan tanah serta dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Meskipun sudah diterapkan diet kantong plastik di Indonesia, namun masih banyak saja yang melanggarnya dengan membuangnya di selokan, sungai dan juga tempat – tempat lainnya.

5. Pemanasan global

Penggunaan kendaraan yang terlalu banyak dan berlimpah akan sangat mempengaruhi suatu suhu lingkungan dan polusi udara yang semakin meningkat. Hal ini jika tidak diatasi dengan seksama akan mengakibatkan pemanasan golakan akan terjadi dan juga bumi akan semakin memanas.

6. Menurunnya sistem kekebalan tubuh

Penurunana sistem kekebalan tubuh ini akan terjadi jika bumi mengalami sakit, karena beberapa faktor diatas. Hal ini sudah banyak diketahui berdasarkan sebuah penelitia yang dilakukan bahwa tingkat kekebalan tubuh akan menurun apabila kondisi bumi mulai menurun atau sakit, seperti kualitas udara dan air menurun.

Selain dampak – dampak yang sudah dijelaskan diatas, namun ada beberapa kebiasaan manusia yang sering dilakukan yang memiliki dampak besar bagi kesehatan terutamanya penggunaan gadged secara berlebihan yang akan menyebabkan tingkat radiasi meningakat dan menyebabkan kondisi tubuh akan menurun.

Baca juga :

Itulah dampak negatif yang harus diketahui jika tidak menjaga kebersihan bumi secara teratur, dengan begitu akan lebih baik untuk tetap menjaga dan merawat keadaan bumi.

Loading…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *