6 Jenis Sayuran Ini Akan Jauh Lebih Sehat Bila Direbus

Ada banyak pilihan ketika memasak sayuran. Anda bisa menumis, menggoreng dengan bumbu tepung krispi, bahkan merebus atau dikukus.

Dari berbagai opsi mengolah sayuran ini, ternyata menurut penelitian para tim ahli, sejumlah sayuran tertentu akan lebih baik direbus. Lebih baik dari segi nutrisi dan kandungan vitamin serta mineral yang terkandung di dalamnya.

Apa saja sayuran-sayuran tertentu yang lebih bagus dikonsumsi ketika direbus? Mengutip dari berbagai sumber, inilah sayuran-sayuran yang jauh lebih sehat bila direbus:

  • Kentang

g 29

Anak-anak biasanya akan lebih senang menikmati kentang yang digoreng alias french fries. Sayangnya, meski lezat ternyata kentang yang digoreng kurang sehat karena mengandung garam dan minyak goreng.

Oke, alternatifnya adalah direbus. Kentang yang direbus akan mengurangi jumlah kalori ketimbang ketika digoreng. Pastinya, jauh lebih sehat dong.

  • Wortel dan bit

g 30

Tekstur wortel dan bit hampir serupa. Lebih baik sajikan wortel dan bit dengan cara mengolahnya direbus sebagai sup sayur. Kandungan betakaroten dalam wortel dan bit akan mempercantik kulit, menajamkan indera penglihatan serta mencegah penuaan kulit.

  • Kacang-kacangan

g 31

Menyajikan menu daging merah untuk bistik. Jangan lupa menyiapkan kacang buncis atau kacang polong sebagai pelengkap sajian. Namun, alih-alih ditumis, cobalah untuk merebus kacang-kacangan tersebut agar tetap rendah kalori dan rendah lemak.

  • Bayam

g 32

Bayam memiliki kandungan zat besi yang lebih baik jika direbus dalam hitungan 1-2 menit saja. Terlalu lama memanaskan bayam maka nutrisi yang terdapat di dalam bayam bisa hancur.

  • Jagung manis

g 33

Jagung manis yang direbus di dalam air, akan semakin menambah citarasanya. Kandungan air dalam rebusan, mampu meningkatkan serat dalam jagung sehingga sistem pencernaan akan lebih lancar.

  • Ubi jalar

g 34

Ubi jalar yang direbus memiliki kandungan karbohidrat yang lebih mudah dicerna tubuh jika direbus. Serat kompleks dalam ubi jalar yang direbus akan membantu perut kenyang lebih lama.

  • Kembang kol

g 35

Baca Artikel Lainnya :

Sama seperti bayam, sebaiknya kembang kol direbus tidak terlalu lama, karena bisa menghancurkan nutrisi dan vitamin di dalamnya.

Nah, setidaknya itu dia beberapa sayuran yang akan lebih terjaga nutrisinya jika diolah dengan cara direbus. Silakan dicoba ya…

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *