6 Kasus Keracunan Dengan Korban Terbanyak Di Dunia

Dalam  sejarah tercatat pernah terjadi kasus keracunan paling menggemparkan dunia karena banyaknya jumlah korban yang tewas.  Ini dia  6 kasus Keracunan Dengan Korban Terbanyak Di Dunia:

q 116

  1. Susu formula bermelamin di China membuat 300.000 bayi gagal ginjal

Dalam Susu diproduksi oleh Sanlu Group asal China ini terdapat racun melamin sehingga sekitar 300.000 bayi menderita gagal ginjal. 6 bayi dikabarkan meninggal dan 54.000 dirawat intensif.

  1. Keracunan tumbuhan jeruju tewaskan 60 orang di India

tahun 1998 di  Kota New Delhi , India terjadi keracunan massal berasal dari minyak mustard yang telah terkena zat argemone mexicana atau tanaman jeruju. Yang dikenal punya racun cukup menyakitkan jika terkena tubuh bagian luar. Wabah ini  menewaskan 60 orang dan 3.000 lainnya harus dirawat khusus di rumah sakit.

  1. Susu produk Jepang tewaskan 100 orang lebih

Tahun 1955 di Jepang terjadi keracunan susu bubuk yaitu bermerek Morinaga terkontaminasi dengan  bahan pengawet disodium fosfat dan arsenic  dosis tinggi. korban tewas hingga 100 orang lebih. Sekitar 13.400 orang dirawat intensif.

  1. Wabah minamata tewaskan 1.784 orang di Jepang

Pada tahun 1956  Warga Jepang pernah mengalami minamata yaitu wabah keracunan merkuri yang melumpuhkan sistem saraf. setelah diusut ternyata ada pembuangan limbah merkuri ke laut oleh sebuah perusahaan bernama Chisso Corporation sehingga ribuan ikan teracuni.= dan akhirnya termakan oleh warga sekitarnya.

  1. Racun terigu tewaskan 1.600 orang di Afghanistan

Pada kurun waktu 1974-1976 di Afghanistan terjadi wabah liver yang disebabkan oleh terigu mengandung racun. yang dikonsumsi secara massal dalam bentuk roti. 1.600 orang tewas.

Sebanyak 6.200 orang sakarat. ternyata terigu ini mengandung charmac yakni biji-bijian yang bisa mengeluarkan zat alkaloid pyrrolizidin. Yang  secara alami keluar untuk melindungi dirinya.

Baca Artikel Lainnya :

  1. Bencana Gandum Beracun – Irak

Tahun 1971 Irak mengalami peristiwa keracunan makanan. 650 orang dilaporkan meninggal dunia, setelah mengonsumsi gandum impor Amerika Serikat dan Mexico yang memuat fungisida.WHO (Badan Kesehatan Dunia) masih meneliti peristiwa ini hingga tahun 2002.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *