6 Manfaat Jatuh Cinta Untuk Kesehatan

Apakah Anda sedang jatuh cinta? Menurut penelitian para ahli, rasa cinta ialah emosi murni yang tulus dan bisa menyehatkan tubuh. Benarkah hal itu?

a 87

Jatuh cinta dapat menyehatkan dengan sarat, jalinan asmara harus stabil dan selalu merasa nyaman dengan hubungan cinta yang sedang terjalin. Banyak manfaat perasaan cinta lainnya untuk kesehatan, berikut ini pembahasan mengenai hal tersebut :

1. Mengurangi Depresi

a 86

Menurut penelitian mengenai korelasi kesehatan dengan jatuh cinta yaitu dimana tubuh akan mengeluarkan energi kebahagiaan, walau cukup dengan memandang foto pasangan anda sendiri akan membuat kadar dopamin dalam otak meningkat sehingga tingkat stres dan depresi berkurang.

Bagi seseorang yang sudah memiliki pasangan, pasti akan sharing, berbagi kisah, dan bercerita. Hal ini secara emosional akan mengurangi beban pikiran terutama jika anda sedang mempunyai masalah. Bagi mereka yang telah menikahpun akan tetap atau bahkan lebih peduli dengan kesehatannya, terutama jika mempunyai efek yang buruk ke depannya.

Lebih penting lagi adanya keterbukaan di antara pasangan satu sama lain, hal ini dapat sangat membantu menghilangkan kebosanan terutama stres dan depresi. Secara psikologi jatuh cinta menjauhi anda akan kesepian, kesendirian, atau hal-hal yang merugikan diri anda sendiri.

Sementara depresi atau perasaan sedih dapat membuat Anda rentan terhadap serangan virus pilek dan flu.

2. Membuat Anda lebih bahagia

a 88

Walau hanya dengan membaca pesannya otak anda pasti akan mengingatkan akan dia, seseorang yang sedang anda sukai atau yang anda sayangi. Menurut pendapat tiap orang akan memberi arti berbeda-beda tentang makna jatuh cinta.

Ada juga yang mengatakan bahwa jatuh cinta kepada seseorang ialah dimana anda memberi hati anda kepada orang yang anda sayangi, tanpa anda ketahui bahwa hati itu akan disakiti atau disayangi sebab yang terpenting anda memberikan kasih sayang yang tulus tersebut pada orang yang anda sayangi.

Sensasi kebahagiaan seseorang yang sedang kasmaran akan terlihat jelas oleh orang-orang disekitar kehidupannya, itulah sebabnya mengapa orang terkadang senyum sendiri ketika menerima SMS, BBM, email, melihat photo atau bahkan tersenyum melihat benda dari pemberian si dia.

Untuk orang-orang yang dapat melihat aura tubuh, maka akan terlihat jelas pancaran warna aura kebahagiaan orang-orang yang sedang merasakan jatuh cinta.

3. Meningkatkan konsentrasi

a 89

Pasangan yang saling peduli dan saling mencintai memungkinkan Anda memberikan yang terbaik. Hal ini dapat membuat Anda berkonsentrasi lebih pada pekerjaan Anda. Dengan demikian bisa meningkatkan kinerja Anda.

Menurut para ahli, orang yang sedang merasakan jatuh cinta akan memperlihatkan kepeduliannya, inilah sebabnya kenapa seseorang yang sedang menyukai orang lain terlihat dari tatapan, sikap, obrolan dan perhatiannya.

Otak dan perasaan akan terhubung sehingga orang tersebut bisa fokus dengan seseorang yang dia suka, misalnya saja seperti perhatian, peduli, curi-curi pandang, pendekatan, dan lain sebagainya. Tanpa ada kepedulian, tak akan ada pendekatan, perhatian yang diberikan terus menerus menimbulkan pernyataan atau ajakan untuk berpacaran.

Jatuh cinta sangat berpengaruh pada rumah tangga seseorang, ketika seorang pria memilih pasangan hidupnya untuk dijadikan istri, sang pria tersebut ingin membahagiakan istrinya dan akan bekerja lebih giat lagi agar mendapatkan uang yang lebih banyak lagi untuk memberi ke istrinya.

Dengan begitu, jatuh cinta bisa memicu kinerja seseorang untuk menjadi lebih baik. Apalagi jika satu sama lain bisa saling memotivasi, ini akan menjadi hal yang jauh lebih baik. Tidak hanya untuk hubungan tapi juga kesuksesan kerja.

4. Membantu menghilangkan rasa sakit dan rasa nyeri

a 90

Berada dalam suatu hubungan asmara yang stabil, akan memberikan Anda rasa aman, sehingga bisa berbagi segala sesuatu yang Anda lewati. Apakah anda pernah mendengarkan kalimat jika dengan pelukan maka dapat mengurangi rasa sakit yang anda sedang alami? Mungkin hal ini yang membuat wanita suka dipeluk dan diperhatikan ketika mereka sedang sakit.

Berdasarkan penilitian, adanya hormon oksitosin yaitu hormon cinta yang dikeluarkan dari berpelukan dengan orang yang anda kasihi, hal ini akan memberi rasa nyaman hingga banyak dari anda akan mengalami rasa ngantuk ketika dipeluk atau bahkan rasa sakit yang perlahan mulai menghilang selama ada hormon oksitosin, hormon itu akan bekerja selama kurang lebih 4 jam.

Pasangan akan dapat memotivasi Anda dan membantu anda melewati rasa sakit atau rasa nyeri yang menyerang.

5. Terhindar dari stres

a 91

Orang yang telah menikah atau mereka yang telah mempunyai kekasih, kemungkinan merasa cemas atau mempunyai masalah sepele sangat sedikit.

Mereka menyadari bahwa mereka mempunyai pasangan yang dapat saling memahami satu sama lain dan merasa saling memiliki. Hal ini membuat stres berkurang, risiko tekanan darah tinggi, tingkat ketegangan berkurang dan migren.

6. Membuat Jantung menjadi Sehat

a 92

Baca Artikel Lainnya :

Hubungan antara jantung yang sehat dengan jatuh cinta tentu tidak terlihat secara nyata, jatuh cinta akan dapat terasa pada perasaan anda yang biasa anda sebut hati. Masih ingatkah anda ketika masa remaja anda sedang menyukai seseorang yang dengan tidak disangka jika orang yang anda suka ternyata menyukai anda juga?

Di dalam sinetron sering terjadi adegan yang berlebihan seperti salah tingkah atau grogi jika berhadapan atau ketika dia menyapa atau bahkan sampai menyentuh tangan anda tanpa sengaja. Jika anda merasakan, semua hal indah tersebut akan membuat jantung anda berdebar-debar dan berdenyut dengan cepat,

itu artinya ada oksigen tambahan yang akan memompa jantung anda dalam kondisi yang baik, efeknya bagi kesehatan anda ialah bahwa anda akan memiliki jantung yang sehat dan otak pun tak akan kekurangan oksigen sehingga otak dapat lebih fokus, sirkulasi darah juga akan lancar.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *